Pesantren Ramadhan Lansia, Tempat Para Lansia Mengisi Bulan Ramadhan dan Belajar Membaca Al Qur’an

Pesantren Ramadhan Lansia, Tempat Para Lansia Mengisi Bulan Ramadhan dan Belajar Membaca Al Qur’an

Peserta Pesantren Ramadhan Lansia tampak serius mengikuti kegiatan, Jum'at 7 April 2023-utoyo prie achdi-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Relawan Rumah Zakat Desa Tegalurung Kecamatan Balongan, Lastri Mulyani, kembali menggelar Pesantren Ramadhan Lansia di Ramadhan 1444 H atau tahun 2023 ini. Ini merupakan tahun ketiga.

“Pesantren Ramadhan Lansia ini berlangsung dari tanggal 1 sampai 12 April 2023,” terang Lastri, Jum’at 7 April 2023.       

Lastri Mulyani menjelaskan, tujuan kegiataan ini tidak lain untuk mengisi waktu luang bagi para lansia selama bulan Ramadhan.  Daripada mereka hanya tiduran atau nonton TV di rumah, akan lebih baik kalau diberi kegiatan positif.

Selain mendapatkan pengetahuan di bidang agama, peserta pesantren juga mendapatkan ilmu pengetahuan di bidang lain. Seperti di bidang kesehatan dan yang lainnya.

BACA JUGA:Aplikasi Reunite Ukraine Khusus Diluncurkan Ukraina untuk Temukan Anak-anak Korban Perang

BACA JUGA:Pengakuan Korban Begal Motor : Diancam dengan Golok Panjang, Diteriaki “Tembak…!”

Karena sebagai pemateri dalam Pesantren Ramadhan Lansia ini bukan hanya dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Balongan. Namun juga ada dari Dinas Kesehatan (Puskesmas Balongan), dan UPTB KB Kecamatan Balongan.

“Ada materi dari bagian gizi Puskesmas Balongan tentang bagaimana menjaga keseimbangan gizi bagi lansia. Ada juga materi senam cegah stroke dari bagian promkes puskesmas,” terang Lastri.

Meski demikian, kata Lastri, materi utama dalam kegiatan ini adalah tentang agama. Terutama belajar membaca Al Qur’an. Karena ternyata masih banyak juga lansia yang belum bisa membaca Al Qur’an.

Bagi mereka yang sama sekali belum bisa membaca Al Qur’an maka belajar membaca Al Qur’an dimulai dari Iqra. Sementara untuk yang sudah lancar membaca Al Qur’an  akan mengikuti tadarus, dengan target bisa khatam lebih dari tiga kali hingga pesantren berakhir.

BACA JUGA:Dave Laksono Buka Bersama Seluruh Kader dan Pengurus Partai Golkar Kota dan Kabupaten Cirebon

 

BACA JUGA:Ramadan 2023, Taman Safari Bogor Paket Promo Gede-gedean Nih! Rp150 Ribu Keliling dan Visit Istana Panda Lho

Sementara itu para lansia terlihat antusian mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan ini, Jum’at 7 April 2023. Ada yang serus melantunkan ayat-ayat suci Al Qur’an. Ada juga yang belajar Iqra dengan pembimbing dari relawan Rumah Zakat.

Salah seorang peserta, Ma Acih, mengaku senang mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan ini. Meski telah berusia 80 tahun,  Ma Acih terlihat bersemangat mengikuti pengajian.

“Saya tentu senang bisa belajar baca Al Qur’an di sini,” ungkap Ma Acih.(oet)

BACA JUGA:Asyik! Hanya Rp600 Ribu Kita Pergi ke Kuala Lumpur Lho Lewat Bandara Kertajati Majalengka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: