Ini Langkah PDI Perjuangan Jabar Dorong Percepatan CDPOB Kabupaten Indramayu Barat

Ini Langkah PDI Perjuangan Jabar Dorong Percepatan CDPOB Kabupaten Indramayu Barat

JALANKAN REKOMENDASI – DPD PDI Perjuangan Jawa Barat menyatakan kesiapannya untuk menindaklanjuti hasil Dialog Publik Mengawal CDPOB di Jawa Barat.--

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID  – PDI Perjuangan Jawa Barat menyiapkan sejumlah langkah strategis guna mempercepat pembentukan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) Kabupaten Indramayu Barat (Inbar).

Upaya tersebut merupakan rekomendasi atau rencana tindaklanjut hasil Dialog Publik Mengawal CDPOB di Jawa Barat yang telah digelar, Selasa kemarin (24/1).

Selain Paguyuban Masyarakat Indramayu Barat (PMIB), acara bertempat di sekretariat DPD PDIP Jabar Jalan Pelajar Pejuang 45 No 1 Lingkar Selatan, Bandung itu, juga diikuti 7 perwakilan Forum CDPOB se-Jawa Barat lainnya.

Yaitu Presidium Garut Selatan, Tasikmalaya Selatan, Sukabumi Utara, Bogor Timur, Garut Utara, Forum Cianjur Selatan dan KPPK Bogor Barat.

BACA JUGA:Usai Terungkapnya Kasus Narkoba, Lapas Indramayu Digeladah

Lalu apa saja langkah yang akan dilakukan DPD PDIP Jabar selaku inisiator pertemuan?

Bendahara DPD PDIP Jabar Dr Ineu Purwadewi S, SSos MM menyebutkan, Dialog Publik Mengawal CDPOB di Jawa Barat menghasilkan sejumlah rekomendasi yang akan ditindaklanjuti.

Pertama PDIP Jabar fokus membantu meningkatkan kapasitas daerah bagi CDPOB melalui politik anggaran baik bersumber dari APBD maupun APBN.

Kedua, partai akan mengarahkan usulan hak inisiatif oleh Fraksi DPR RI. Sejalan dengan itu, meski 8 CDPOB sudah resmi ditetapkan, namun berbagai persyaratan yang dibutuhkan harus tetap dipersiapkan dan dilengkapi.

BACA JUGA:Jadwal SIM Keliling Setiap Jum’at Ada di Simpang Tiga Karangampel

Ketiga, PDIP akan memperjuangan RPP  tentang penataan daerah menjadi PP untuk memastikan terwujudnya pemekaran.

Keempat, PDIP juga akan memperjuangkan untuk bisa berkomunikasi dengan Presiden, Wapres, Kemendagri, ketua DPR RI supaya mendorong stake holder terkait termasuk menteri keuangan.

“Kemudian yang terakhir, DPD PDIP berkomitmen melakukan komunikasi, kordinasi dan mengkonsolidasi seluruh hasil dialog publik termsuk masukan dari forum CDPOB kepada pimpinan partai dan pimpinan DPR RI melalui Fraksi PDI Perjuangan,” papar wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat ini.

Selain lima langkah-langkah strategis tadi, ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono ST menyiapkan upaya lainnya untuk mengawal pergerakan percepatan terbentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB) di Jawa Barat. Prioritasnya adalah 8 CDPOB yang sebelumnya telah disahkan oleh DPRD dan Pemrov Jabar serta sudah diusulkan ke Pemerintah Pusat.

BACA JUGA:Kalahkan Borneo FC, Persib Kudeta Persija dari Puncak Klasemen

Salah satunya adalah membentuk Satuan Tugas (Satgas) percepatan pembentukan CDPOB di Jawa Barat. Satgas ini digawangi oleh Dr H Bedi Budiman SIP MSi dan Dr Abdy Yuhana SH MH.

Tugasnya melakukan lobi-lobi dan memastikan hasil rekomendasi dialog publik diterima oleh Fraksi PDIP DPR RI, Ketua DPR RI, Kemendagri hingga Presiden RI.

“Kami telah mengeluarkan surat keputusan pembentukan task force yakni satuan tugas untuk percepatan CDPOB di Jawa Barat. Tugasnya adalah melakukan lobi-lobi kemana-mana agar moratorium pemekaran di Jawa Barat dapat dicabut sehingga pembentukan DOB segera terwujud,” jelas dia.

BACA JUGA:Edan, Dari 13 Tersangka Kasus Narkoba, 2 Tersangka Kendalikan Transaksi dari Penjara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: