Masalah Ciki Ngebul, Wakil Ketua DPRD Bekasi: Minta Dinas Kesehatan Awasi Jajanan Anak di Lingkungan Sekolah

Masalah Ciki Ngebul, Wakil Ketua DPRD Bekasi: Minta Dinas Kesehatan Awasi Jajanan Anak di Lingkungan Sekolah

ciki ngebul--

BEKASI, RADARINDRAMAYU.ID - Jajanan anak sekarang yang lagi ramai dan perlu diwaspadai. Seperti yang dikatakan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Mohamad Nuh, meminta Dinas Kesehatan mengawasi jajanan anak di lingkungan sekolah.

Dikarenakan banyak anak yang menjadi korban keracunan ciki ngebul atau cikibul. Salah satu kasus terbaru yang terjadi di Kota Bekasi, yang menimpa AF, 4 tahun dioperasi usai mengonsumsi jajan tersebut.

Nuh baru-baru ini mengatakan,“Dinkes harus ikut untuk mengawasi jajanan yang berada di lingkungan sekolah, apalagi sudah ada korban. Sebab Dinkes itu punya data makanan atau jajanan yang berbahaya,” ujarnya, seperti yang dilansir dari pojoksatu.id.

Masih menurut Nuh yang sangat mendukung langkah-langkah yang dilakukan oleh Dinkes. Tentunya harus diverifikasi, apakah mekanisme makanan seperti itu aman atau tidak.

BACA JUGA:Dinyinyirin Netizen Soal Abidzar Pegang-pegang Anjing, Begini Respon Umi Pipik

“DPRD akan mendukung peringatan atau tindakan yang bersifat menyelamatkan kesehatan masyarakat,” beber Nuh.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini melihat jajanan chiki ngebul memang cukup aneh, karena menggunakan cairan nitrogen. Bahkan ada juga makanan yang disemprotkan api. Pastinya makanan tersebut menimbulkan gas karbon.

Oleh sebab itu, kata dia, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) harus segera memberikan peringatan makanan-makanan berbahaya.

“Kemenkes sebaiknya memberikan arahan atau peringatan terbuka, adanya bahanya makanan-makanan seperti itu,” saran Nuh.

BACA JUGA:Istilah Sunnah Rasul Saat Malam Jum’at Perlu Diluruskan. Berikut Penjelasannya !

Nuh juga meminta para orang tua mengawasi ketat jajanan yang dikonsumsi buah hatinya.

“Memang masyarakat sekarang suka dengan sensasi, padahal makanan itu berbahaya. Tapi kebanyakan orang tua tidak paham betapa bahayanya makanan tersebut. Kalau sudah kejadian baru kapok,” demikian kata dia.

BACA JUGA:Peringkat Persib Bandung di BRI Liga I 2022/2023 Usai Kalahkan Persija

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: