Dampak Tanggul Cimanuk Ambles, Warga Pertanyakan Ganti Rugi

Dampak Tanggul Cimanuk Ambles, Warga Pertanyakan Ganti Rugi

BRONJONGISASI: Para pekerja sedang melakukan perbaikan Tanggul Sungai Cimanuk di Blok Rengaspayung Desa/Kecamatan Kertasemaya, Selasa (10/1).--

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Warga terdampak Tanggul Cimanuk yang ambles di Blok Rengaspayung Desa/Kecamatan Kertasemaya mempertanyakan ganti rugi.

Hingga saat ini, masih belum ada kejelasan terkait ganti rugi bangunan yang rusak terkena imbas tanah tanggul yang ambles sejak akhir tahun 2019 itu.

Warga terdampak, Abdul Muin mengatakan, dirinya menyambut baik perbaikan tanggul ambles. Namun, Abdul Muni menanyakan kepastian ganti rugi rumahnyayang terdampak tanggul ambles.

“Saya khususnya sebagai warga terdampak ingin ada kepastian terkait tempat tinggal saya yang rusak parah sampai tidak bisa ditinggali lagi,” ujar Abdul Muin, Selasa (10/1).

BACA JUGA:Bupati Nina Kunjungi STAIS Pangeran Darma Kusuma Segeran

Dijelaskan Abdul Muin, rumahnya sudah tidak bisa lagi dijadikan sebagai tempat tinggal keluarganya karena rusak akibat tanah ambles. Sehingga, dirinya harus rela meninggalkan rumahnya sejak tahun 2021 yang lalu.

“Sudah dua tahun keluarga saya tinggal dikontrakan rumah. Pertama bantuan dari pemda melalui BPBD untuk kontrak rumah tahun 2021. Terus tahun ini dikontrakan rumah oleh pemdes,” ujarnya.

Abdul Muin berharap ada kejelasan dari pihak terkait terhadap nasib warga yang terdampak pergerakan tanah.
“Saya berharap ada kejelasan bagaimana nasib rumah kami. Kami dikontrakan rumah cuma untuk satu tahun, semoga ada kejelasan,” tandasnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Blok Rengaspayung, Tambrin mengatakan, pihaknya sangat berharap ada langkah perbaikan yang lebih serius terkait perbaikan tanggul bukan sebatas penanganan sementara.

BACA JUGA:Dinas Pendidikan Apresiasi Kinerja Polres Indramayu, Berhasil Tangkap Pencuri Buku Pelajaran yang Meresahkan

Selain itu, Tambrin juga meminta agar ada ganti rugi terhadap warga yang rumahnya terdampak pergerakan tanah dari tanggul ambles.

“Semoga ada pembahasan lagi dari pihak terkait untuk nasib warga terdampak baik itu rumah atau tanahnya. Relokasi atau ganti ruginya seperti apa,” tukasnya.

Pantauan di lapangan, sejumlah pekerja tengah memperbaiki Tanggung Ciamnuk yang ambles.
Perbaikan dengan bronjongisasi itu, merupakan tindak penanganan sementara dari BBWS Cimanuk Cisanggarung (BBWSCC) terhadap tanggul yang ambles.

BACA JUGA:Seluruh Desa di Kecamatan Kedokanbunder Miliki Relawan Posko Pintar. Apa Itu ?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: