H Azun Mauzun Pimpin FPP Indramayu, Siap Songsong Peradaban Baru Pondok Pesantren

H Azun Mauzun Pimpin FPP Indramayu,  Siap Songsong Peradaban Baru Pondok Pesantren

Pengurus Forum Pondok Pesantren (FPP) Kabupaten Indramayu resmi dilantik, Kamis, 1 Desember 2022-Utoyo Prie Achdi-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Pengurus Forum Pondok Pesantren (FPP) Kabupaten Indramayu periode 2022-2027 resmi dilantik, Kamis, 1 Desember 2022. Pelantikan dilakukan oleh ketua FPP Provinsi Jawa Barat KH Edi Komaruddin.

 Hadir  Bupati Indramayu Nina Agustina, Dirut PDAM Ady Setiawan, Pimpinan DPRD Indramayu, seluruh pengasuh pondok pesantren Indramayu, dan tokoh masyarakat lainnya.

 Ketua FPP Kabupaten Indramayu terpilih, H Azun Mauzun mengatakan, pelantikan ini  mengusung tema menyambut Peradaban Baru Pondok Pesantren. Tema ini bertujuan sebagai penyemangat pondok pesantren agar kedepan lebih baik lagi seiring dengan perkembangan jaman.

 Untuk itulah ia juga akan menyiapkan sumber daya manusia yang handal agar dapat menyesuaikan jaman. “Kita akan bergerak cepat  untuk menata pondok pesantren di Indramayu. Insya Allah dengan pengurus FPP yang mayoritas diisi oleh generasi muda di harapkan memberikan dampak yang signifikan untuk kemajuan pondok pesantren," ujarnya 

 BACA JUGA:Gawat ! APBD 2023 Indramayu Gagal Disahkan

Dia menambahkan, pondok pesantren di Kabupaten Indramayu akan didorong menjadi tempat pendidikan non formal yang bisa memproduksi generasi yang berkualitas, serta lembaga pendidikan yang bisa bersaing di era digital saat ini.

 Pondok pesantren harus mengikuti perkembangan teknologi, jangan ketinggalan," kata Azun yang juga menjadi Ketua Lembaga Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) PCNU Indramayu. 

 Ia juga mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Indramayu dan DPRD Indramayu yang telah mengesahkan Perda tentang Pesantren, Perda pertama di Jawa Barat.

 "Kita apresiasi Indramayu sudah memiliki Perda tentang pesantren. Kita akan bersinergi dengan pemda untuk kemajuan pondok pesantren," jelas Azun.

 BACA JUGA:SMKN 1 Patrol Galang Donasi, Salurkan Bahan Makanan dan Pakaian

Sementara itu, Ketua FPP Jawa Barat K.H. Edi Komarudin menyampaikan, tantangan yang dihadapi pesantren ke depan semakin komplek. Menurutnya, pesantren sebagai lembaga dakwah harus membekali para alumninya untuk menguasai persoalan media dakwah di tengah-tengah masyarakat.

 Dikatakan, saat ini dan ke depan dakwah di media sosial harus lebih dimasifkan. Kalangan pesantren atau santri harus melek teknologi infornasi sehingga bisa menguasai media sosial sebagai sarana dakwahnya.

 Hal ini merupakan keniscayaan yang harus dilakukan pesantren sejalan dengan semangat yang dibawa FPP Indramayu melalui tema yang diangkat yaitu menyambut peradaban baru pondok pesantren.

 Ke depan dengan format peradaban baru pondok pesantren yang digaungkan oleh FPP Indramayu ini, diharapkan semakin maju untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait pendidikan,” tuturnya.

 BACA JUGA:Bupati Ungkap Program Sembako untuk Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Sementara, Bupati Indramayu, Hj Nina Agustina  menyatakan, momentum pelantikan dan Raker FPP Indramayu ini, hendaknya menjadi wahana untuk menyusun program rencana kerja yang sebaik-baiknya sesuai dengan tujuan organisasi demi kontribusi dan kiprah dalam proses pembangunan daerah.  

"Atas nama pribadi dan Pemkab Indramayu mengucapkan selamat kepada saudara-saudara yang baru saja dilantik. Semoga pelantikan ini, mampu menjadi penyemangat dan awal yang baik bagi FPP Kabupaten Indramayu dalam berikhtiar mencapai tujuannya," ujarnya.

 Menurut Nina, untuk menyukseskan pembangunan daerah membutuhkan peran serta seluruh pihak, termasuk pesantren sebagai pusat pembinaan mental, moral dan agama bagi para santrinya.

 Selain itu, pesantren yang berada di tengah masyarakat juga mampu memberikan tauladan bagi masyarakat. Dimulai dari pembinaan pribadi, keluarga, lingkungan pemukiman dan pekerjaan hingga mencakup lebih luas yakni daerahnya.

 BACA JUGA:Surat Kepercayaan Enam Dubes Negara Sabahat Sudah Diterima Jokowi

Terkait peran pesantren dalam menyukseskan pembangunan, setidaknya ada dua hal yaitu pesantren memiliki peran penting dalam menjadikan masyarakat yang religius, hal ini berkaitan dengan visi Indramayu yang Bermartabat. Selanjutnya, pesantren sebagai sarana untuk menaikkan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM). 

 "Dengan kehadiran FPP Kabupaten Indramayu, saya optimis bahwa pesantren-pesantren yang ada di Kabupaten Indramayu dapat semakin berkembang dan senantiasa bersinergi," ujarnya.

BACA JUGA:Penemuan Bayi dalam Plastik, Sempat Dikira Anak Kucing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: