Cara Ampuh Menghilangkan Serak Pada Tenggorokan, Kenali Penyebabnya dan Atasi Segera!

Cara Ampuh Menghilangkan Serak Pada Tenggorokan, Kenali Penyebabnya dan Atasi Segera!

cuka apel--

Radarindramayu.id  – Berikut cara ampuh untuk menghilangkan suara serak pada tenggorokan, kenali penyebabnya dan atasi sesuai kondisinya.

Suara serak bisa disebabkan oleh berbagai hal. Oleh sebab itu, cara menghilangkan suara serak pada tenggorokan tentunya harus menyesuaikan dengan kondisi dan penyebabnya.

Suara serak merupakan suatu gejala pada tenggorokan berupa perubahan suara yang terdengar lebih berat dan volume suara yang lebih lemah. Biasanya disertai dengan tenggorokan yang gatal, kering, dan perih atau rasa tidak nyaman saat menelan.

Mengalami suara serak yang berkepanjangan membuat anda kesulitan berbicara. Jika memaksakan untuk berbicara, pita suara perlu mengeluarkan tenaga lebih banyak.

BACA JUGA:Pemkab Ikuti Rakornas untuk Kendalikan Inflasi

Penyebab suara serak

Suara serak paling sering disebabkan oleh laringitis atau peradangan pada pita suara. Namun, ada juga penyebab suara serak lainnya seperti :
•    Infeksi virus
•    Flu
•    Merokok
•    Luka pada pita suara
•    Batuk kronis
•    Konsumsi alkohol berlebih
•    Alergi
•    Gangguan tiroid
•    Polip
•    Refluks asam lambung (GERD)

BACA JUGA:Kuota PPPK Ditentukan Kemenpan RB

Selain penyebab diatas, suara serak juga dapat disebabkan oleh penggunaan pita suara yang berlebihan, seperti berteriak atau tertawa terlalu keras.

Cara mengatasi atau menghilangkan suara serak tanpa obat

1.    Mengurangi berbicara
Salah satu cara untuk menghilangkan suara serak yaitu mengistirahatkan pita suara dengan mengurangi berbicara, hindari berteriak dan tertawa keras.

2.    Banyak minum air putih
Air putih mampu melembabkan tenggorokan yang kering, menjaga tenggorokan tetap terhidarasi, menghilangkan dahak dan mengeluarkan lendir.

3.    Hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol
Mengkonsumsi minuman yang berkafein dan beralkohol akan memperparah suara serak anda. Karena keduanya dapat menyebabkan tenggorokan menjadi lebih kering.

BACA JUGA:Arab Saudi Kalahkan Argentina 2-1, Raja Salman Umumkan 23 November 2022 Hari Libur Nasional

4.    Berhenti merokok
Asap rokok dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan, memicu datangnya batuk,  dan menunda proses penyembuhan pada suara serak.

5.    Menjaga kelembaban udara
Menghirup udara yang kering dapat menyebabkan peradangan pada pita suara karena terjadinya iritasi. Anda bisa memasang pelembab ruangan atau bisa juga mandi dengan air hangat.

Cara mengatasi atau menghilangkan suara serak dengan bahan alami

1.    Mengonsumsi campuran jahe dan air
Jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya mampu mengatasi suara serak. Biasanya, jahe dikonsumsi untuk meredakan suara serak dan batuk kering akibat laringitis.

Caranya cukup mudah, hanya mencampurkan jahe segar ke dalam air mendidih, dan tunggu sampai tidak terlalu panas untuk diminum.

BACA JUGA:Aksi Curas di Jl Fatahilah Korbannya Warga Astapada, Satu Pelaku Tertangkap

2.    Berkumur dengan air garam
Masukkan seperempat atau setengah sendok teh garam ke dalam air hangat, lalu berkumurlah dengan larutan tersebut hingga mengenai bagian belakang tenggorokan. Lakukan metode ini secara berulang.

3.    Mengonsumsi Bawang Putih
Bawang putih dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai penyakit, karena mengandung antibakterial. Cobalah untuk mengkonsumsi bawang putih lebih banyak, anda dapat mengonsumsi secara langsungmaupun dicampurkan ke dalam makanan seperti salad atau saus pasta.

4.    Meminum cuka sari apel
Cuka sari apel mengandung komponen antimikroba, sehingga dipercaya mampu menghilangkan suara serak.

Campurkan 1-2 sendok makan cuka sari apel mentah ke dalam 1 gelas air putih. Minumlah sebanyak 1-2 kali dalam sehari.

Cara menghilangkan suara serak dengan perawatan medis

Meski umum dialami oleh semua orang, namun ada juga suara serak yang diakibatkan oleh penyakit serius. Oleh sebab itu, diperlukan penanganan medis.

1.    Meminum obat anti-biotik
Suara serak yang disebabkan oleh infeksi bakteri perlu diatasi dengan mengonsumsi anti-biotik.

Sementara untuk mengatasi suara serak yang disebabkan oleh naiknya asam lambung, sebaiknya mengonsumsi antasida untuk menetralisir lambung.

BACA JUGA:Di Indonesia, Hanya Perumda Air Minum Tirta Darma Ayu Raih Penghargaan ISDA 2022

Dan obat-obatan jenis kortikosteroid bisa juga untuk mengatasi suara serak yang diakibatkan oleh iritasi asap rokok, polusi maupun alergi.

Ketiganya tentu harus disertai dengan anjuran dokter.

2.    Terapi Suara
Untuk beberapa penyakit yang menyerang otot dan saraf, seperti Parkinson dan Stroke dapat memicu kelumpuhan pada pita suara.

Upaya untuk mengembalikan kemampuan berbicara diperlukan terapi suara yang dibantu oleh terapis suara.

3.    Operasi Pita Suara
Suara serak yang disebabkan oleh penyakit yang merusak struktur, sistem saraf dan otot, serta fungsi pita suara membutuhkan penanganan khusus dengan cara operasi pita suara.

Cara mengobati suara serak melalui operasi dilakukan dengan mengangkat jaringan tersebut dan memperbaiki struktur pita suara.

Itulah cara ampuh untuk menghilangkan suara serak pada tenggorokan. Periksakan diri ke Dokter, apabila suara serak tak kunjung hilang setelah melakukan pengobatan mandiri. Jangan lupa perbanyak minum air putih yaa. (Luthfi Imroatussolihah)

BACA JUGA:Kejutan Piala Dunia 2022, Arab Saudi Permalukan Agentina  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: