Dua Ruas Tol Baru di Jabodetabek Akan Diresmikan Presiden Jokowi

Dua Ruas Tol Baru di Jabodetabek Akan Diresmikan Presiden Jokowi

Pengoperasian dua ruas tol baru di Jabodetabek--

Radarindramayu.id, JAKARTA - Dalam waktu dekat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan segera meresmikan pengoperasian dua ruas tol baru di Jabodetabek.

Kabar hal itu disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT Danang Parikesit, disela-sela agenda Groundbreaking proyek jalan tol GIlimanuk - Mengwi di Bali, akhir pekan lalu. 

Seperti yang dikatakan Danang,  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah mengirimkan surat kepada Presiden untuk meresmikan kedua ruas tol, yakni ruas tol Balaraja - Serpong dan ruas tol Cibitung - Cilincing. 

“Sekarang kami sedang menunggu jadwal Pak Presiden. Mudah-mudahan dalam 1 sampai 2 bulan ini,” kata Danang. 

BACA JUGA:Dedi Wahidi : Bendungan Cipanas Bakal Tingkatkan Produksi Pangan Indramayu

Tak hanya kedua ruas tol di Jabodetabek itu, dua ruas tol di Sumatera juga sudah siap diresmikan. Keduanya adalah ruas tol Bengkulu-Taba Penanjung dan ruas tol Pekanbaru-Bangkinang.

Kedua ruas tersebut saat ini masih menunggu hasil sertifikat laik operasi (SLO). Setelah sertifikat SLO terbit, Danang menyebut pihaknya akan meminta Presiden Jokowi meresmikannya.

Sedangkan Danang juga menargetkan ruas tol Cinere-Jagorawi akan selesai di akhir tahun 2022. Saat ini, ruas yang baru beroperasi baru Serpong-Pamulang. Sementara ruas Cinere-Krukut-Jagorawi masih dalam proses pengerjaan.

“Memang ada satu persil tanah yang masih berusaha kami bebaskan. Terakhir sudah kita konsinyasi di Pengadilan supaya segera bisa kita eksekusi,” kata Danang.

BACA JUGA:Agashi Harumkan Indramayu di Brebes

Sebelumnya, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan, setidaknya ada enam ruas jalan tol baru yang sudah siap untuk diresmikan dalam waktu dekat. 

Jika jadi diresmikan dan dioperasikan, maka panjang jalan tol se-Indonesia akan bertambah 87 kilometer. 

Mengutip radarindramayu.id dari fin.co.id, "Di September 2022 saja ada enam ruas yang kami sudah siapkan. Artinya, sudah dilakukan uji laik fungsi, tinggal apakah akan diresmikan presiden dalam bulan ini atau tidak," ungkap Endra, Kamis 8 September 2022 lalu. 

BACA JUGA:Camat dan Kepala Pasar Turun Langsung Sikapi Sampah Menggunung

Enam jalan tol yang pengerjaannya rampung bulan ini adalah: 

1. Tol Pekanbaru-Bangkinan

2. Tol Cibitung-Cilincing Seksi 2 dan 3 

3. Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu seksi 2A Jakasampurna-Kayuringin 

4. Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Ramp Jatiwaringin Barat 

5. Tol Serpong-Balaraja seksi 1A

6. Lubuk Linggau-Curup Bengkulu seksi Bengkulu-Taba Penanjung. 

Endra mencatat total jalan tol baru yang telah beroperasi sejak 2014 sampai saat ini mencapai 1.710 Km. Jika ditambah dengan enam tol baru, artinya total jalan tol baru beroperasi menjadi 1.797 Km.

BACA JUGA:Remaja Lompat ke Polder Air di Bekasi, Nyawanya Tak Tertolong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: