Dari Presiden Jokowi ke Presiden Prabowo Subianto Jalan Mulus Percepatan Menuju Indonesia Emas

Dari Presiden Jokowi ke Presiden Prabowo Subianto Jalan Mulus Percepatan Menuju Indonesia Emas

Supendi Samian Ketua STIDKI NU Indramayu -istimewa-RADAR INDRAMAYU

Oleh:Supendi Samian
Ketua STIDKI NU Indramayu

Percepatan menuju Indonesia Emas 2045 adalah sebuah visi yang telah dicanangkan untuk membawa Indonesia menjadi negara maju tepat pada perayaan 100 tahun kemerdekaannya.

Visi ini memiliki landasan yang kuat dari kebijakan dan program pembangunan yang telah diterapkan di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo dan diharapkan berkesinambungan di bawah Presiden  Prabowo Subianto.

Presiden Jokowi dalam pemerintahannya (2014-2024) telah meletakkan dasar yang kuat melalui berbagai proyek infrastruktur besar, kebijakan reformasi ekonomi, serta peningkatan daya saing sumber daya manusia (SDM).

BACA JUGA:Kualifikasi Pildun Memakan Korban, Dua Pelatih Dipecat Termasuk Roberto Mancini, Selanjutnya STY?

Infrastruktur Nasional dan  Proyek-proyek infrastruktur besar seperti pembangunan jalan tol, bandara, pelabuhan, dan bendungan, yang dianggap sebagai katalis utama pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah.

Revolusi Industri 4.0, Melalui Making Indonesia 4.0, Jokowi menekankan pentingnya digitalisasi, teknologi cerdas, dan inovasi dalam mendorong daya saing industri nasional.

Peningkatan Kualitas SDM  Peningkatan pendidikan vokasi dan pelatihan keterampilan teknis menjadi bagian penting dalam menciptakan tenaga kerja yang kompeten menghadapi tantangan industri global.

Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), Langkah ini merupakan bagian dari rencana jangka panjang untuk mendistribusikan pertumbuhan ekonomi ke luar Pulau Jawa dan mempersiapkan Indonesia sebagai negara maju.

BACA JUGA:Bernasib Sama dengan Graham Arnold, Pelatih Arab Saudi Roberto Mancini Dipecat, Korban Timnas Indonesia?

Menurut Jokowi, visi Indonesia Emas 2045 akan tercapai melalui "SDM unggul, ekonomi digital, dan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan."

Prabowo Subianto Presiden terpilih  melanjutkan estafet kepemimpinan, ada ekspektasi bahwa fokus pada kemandirian ekonomi, kedaulatan pangan, serta penguatan militer dan keamanan nasional akan terus menjadi prioritas. Prabowo telah menunjukkan komitmennya dalam mendukung Indonesia Emas 2045 melalui beberapa pendekatan:

Presiden terpilih Prabowo Subianto telah mengutarakan visi untuk memastikan Indonesia tidak hanya bergantung pada impor, tetapi mampu mandiri dalam produksi pangan dan energi.

Kekuatan militer yang kuat diyakini sebagai faktor pendukung penting dalam menjaga stabilitas dan kedaulatan, yang pada akhirnya memperkuat ekonomi nasional.

BACA JUGA:Arya Sinulingga Ungkap Jangan Terlalu Fokus Naturalisasi Emil Audero 'Yang Sekarang Masih Oke' Ungkap Arya

Presiden terpilih  Prabowo Subianto  diperkirakan akan melanjutkan agenda pengembangan infrastruktur dan ekonomi digital yang telah dibangun di bawah Jokowi, namun dengan lebih banyak fokus pada potensi sumber daya lokal dan industri pertahanan.

Chatib Basri, mantan Menteri Keuangan, menekankan pentingnya keberlanjutan kebijakan makroekonomi, investasi asing, dan reformasi struktural untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045. Dia menyebut pembangunan infrastruktur dan peningkatan SDM sebagai dua pilar utama yang tidak boleh ditinggalkan oleh pemerintahan selanjutnya.

Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR di era Jokowi, menjelaskan bahwa keberlanjutan proyek infrastruktur sangat penting untuk mewujudkan konektivitas antarwilayah, yang dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan.

Prof. Emil Salim, seorang ekonom senior dan mantan Menteri Lingkungan Hidup, menekankan bahwa pembangunan berkelanjutan harus menjadi prioritas utama untuk mencapai Indonesia Emas 2045. Ia menekankan pentingnya keselarasan antara pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan hidup.

BACA JUGA:Hasil Imbang, Persib Bandung Ditahan Imbang Lion City Sailors 1-1 di AFC Champions League 2

Sandiaga Uno, seorang pengusaha sukses dan politisi, percaya bahwa ekonomi digital dan kewirausahaan akan menjadi kunci bagi Indonesia Emas 2045. Dia mendorong pemanfaatan teknologi untuk menciptakan lebih banyak lapangan kerja dan meningkatkan daya saing global Indonesia.

Visi Indonesia Emas 2045 sangat tergantung pada kesinambungan kebijakan dan keberlanjutan program pembangunan yang sudah dijalankan sejak era Presiden Jokowi. Jika estafet kepemimpinan dilanjutkan oleh Prabowo, ada harapan besar bahwa ia akan tetap fokus pada penguatan ekonomi, SDM, infrastruktur, dan kemandirian dalam bidang-bidang strategis.

Para pakar dan ahli, dari akademisi hingga pengusaha, sepakat bahwa inovasi, investasi di sektor digital, dan keberlanjutan pembangunan adalah kunci untuk mewujudkan visi Indonesia Emas pada 2045.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: