Dedi Wahidi : Bendungan Cipanas Bakal Tingkatkan Produksi Pangan Indramayu

Dedi Wahidi : Bendungan Cipanas Bakal Tingkatkan Produksi Pangan Indramayu

Komisi V DPR RI mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Cipanas Sumedang-istimewa-

Radarindramayu.id, SUMEDANG - Komisi V DPR RI meninjau pelaksanaan pembangunan Bendungan Cipanas, di Desa Cibuluh Kecamatan Ujungjaya  Kabipaten Sumedang, Jum’at, 9 September 2022.

Turut hadir Direktur Bendungan dan Danau Kementerian PUPR, Airlangga Mardjono, Kepala Balai BBWS Cimanuk Cisanggarung (Cimancis), Ismail Widagdo, serta anggota Komisi V DPR RI, dan Bupati Indramayu Nina Agustina.

Bendungan Cipanas merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun untuk kepentingan banyak sector. Anggota Komisi V DPR RI, H Dedi Wahidi  mengungkapkan,  inisiasi pembangunan Bendungan Cipanas adalah untuk mencukupi kebutuhan air bagi petani yang berada di wilayah tengah Kabupaten Indraamayu.

Selain untuk pertanian, Bendungan Cipanas juga memiliki manfaat  untuk ketersediaan air baku,  pengendalian banjir, dan pembangkit listrik.

BACA JUGA:Camat dan Kepala Pasar Turun Langsung Sikapi Sampah Menggunung

Bendungan Cipanas memiliki luas genangan 1300 hektar dan dapat menampung air dengan volume 250 juta meter kubik lebih.

“Penerima manfaat Bedungan Cipanas ini seratus persen warga Indramayu. Ini luar biasa karena akan mendorong semakin meningkatnya produksi pangan bagi petani di Kabupaten Indramayu,” kata H Dedi Wahidi.

Ditambahkan Dewa, sapaan Dedi Wahidi, Bendungan Cipanas akan mengairi sawah seluas 9.273  hektar di wilayah Kecamatan Cikedung, Terisi, dan Losarang Kabupaten Indramayu yang merupakan wilayah pertanian tadah hujan.

Di wilayah ini biasanya hanya bisa tanam satu kali dalam setahun. Kedepan setelah Bendungan Cipanas difungsikan, wilayah ini dipastikan menjadi wilayah pertanian dengan irigasi teknis, dan dipastikan bisa tanam dua kali.

“Ini tentunya akan menambah produksi padi Indramayu, dan mampu mempertahankan status  Indramayu sebagai lumbung pangan nasional,” tegas Dewa.

Meski Bendungan Cipanas terletak di Kabupaten Sumedang, namun berbatasan langsung dengan Kabupaten Indramayu. Menurut Dewa, desa yang ada wilayah perbatasan seperti di Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu, yang merupakan penyangga Bendungan Cipanas, bisa memanfaatkan kondisi ini dengan membangun dewa wisata.

Sementara Bupati Indramayu, Nina Agustina, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Komisi V DPR RI, terutama H Dedi Wahidi yang telah memperjungkan pembangunan Bendungan Cipanas. Menurutnya, bendungan ini sangat strategis dalam mendorong semakin meningkatnya pembangunan bidang pertanian.

Nina Agustina juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Sumedang beserta jajaran, serta seluruh masyarakat Sumedang, yang telah mendukung pembangunan Bendungan Cipanas.

“Meski lokasinya di Sumedang, tapi penerima manfaatnya adalah masyarakat Indramayu. Ini sangat luar biasa sekali. Terima kasih kepada jajaran pemerintahan Kabupaten Sumedang beserta warga Sumedang, ” ungkap Bupati Nina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: