Wakapolda Jabar Tinjau Pelaksanaan Vaksin Booster di Indramayu

Wakapolda Jabar Tinjau Pelaksanaan Vaksin Booster di Indramayu

Wakapolda Jabar Brigjen Pol Bariza Sulfi SIK berdialog dengan warga Indramayu saat memantau pelaksanaan vaksin booster di pendopo Indramayu, Selasa (26/07)-utoyo prie achdi-

Radarindramayu.id, INDRAMAYU – Pelaksanaan Gebyar Vaksinasi Serentak Polda Jawa Barat digelar di pendopo Kabupaten Indramayu, Selasa (26/07). Kegiatan ini dihadiri Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol Drs Bariza Sulfi SIK, Bupati Indramayu Nina Agustina, Kapolres Indramayu AKBP M Lukman Syarif, Dandim 0616/Indramayu Letkol Arm Andang Radiyanto, Sekda Rinto Waluyo, dan sejumlah pejabat lainnya.

Waka Polda Jawa Barat, Bariza Sulfi mengatakan,kedatangannya  ke Indramayu tidak lain untuk memantau pelaksanaan vaksinasi covd-19, khususnya vaksin ketiga atau booster di Kabupaten Indramayu. Bariza mengaku cukup bangga karena warga Indramayu cukup antusias untuk mengikuti vaksin booster.

“Melihat antusiasme masyarakat Indramayu  yang luar biasa, mudah-mudahan target 30 persen vaksin booster di Kabupaten Indramayu ini bisa tercapai,” kata Bariza.

Bariza berharap melalui vaksin booster ini masyarakat Indramayu akan sehat dan memiliki kekebalan tubuh yang baik. Sehingga tidak akan mudah tertular virus Covid-19.

BACA JUGA:Ikut Vaksin Booster, Sunanto Dapat Hadiah Sepeda Motor

Bupati Indramayu, Nina Agustina, mengajak warganya yang belum vaksin ketiga atau booster, agar segera divaksin. Menurutnya, dengan mengikuti vaksin booster maka akan aman karena kekebalan tubuh semakin baik. Bupati juga mengingatkan warganya untuk tetap menjaga protocol kesehatan, meski Covis-19 sudah mulai melandai.

“Saya minta semua tetaap menjaga protocol kesehatan, agar badan kita tetap sehat,”  tuturnya.

Sementara data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, prosentase vaksin booster di Kabupaten Indramayu hingga tanggal 25 Juli 2022 baru 29,81%. Sementara sesuai ketentuan pemerintah, syarat minimal vaksin booster di daerah minimal 30%.

“Kita memang sedikit lagi mencapai angka 30% untuk vaksin booster. Mudah-mudahan setelah kegiatan vaksin hari ini target bisa tercapai,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, dr Wawan Ridwan.  

Wawan menambahkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Indramayu secara keseluruhan hingga tanggal 25 Juli 2022, untuk vaksin dosis 1 sebanyak 1.402.119 atau 95.84% dari target sasaran 1.426.910.

Kemudian untuk vaksin dosis 2 sebanyak 1.174.973 atau 80,32%. Capaian ini, menurut Wawan,  sudah terlampaui karena syarat minimal untuk vaksin kedua adalah 80%.

Penyebab masih rendahnya prosentase vaksin booster di Indramayu, Wawan menjelaskan bahwa ada sejumah sebab. Diantaranya karena kondisi wabah Covid-19 yang mulai melemah, sehingga banyak masyarakat yang malas untuk vaksin ketiga.

BACA JUGA:Odong-Odong Tertabrak Kereta Api, 9 Penumpang Meninggal

Selain itu juga ada kesulitan dalam menentukan target sasaran dari masyarakat. Berbeda dengan target sasaran kantor-kantor atau instansi yang sudah jelas.

Wawan juga tetap menghimbau masyarakat  yang belum vaksin booster untuk segera melakukannya. Karena vaksin booster saat ini menjadi salah satu syarat bagi pelaku perjalanan jarak jauh.

“Saya himbau masyarakat agar segera vaksin booster. Selain sebagai syarat bagi pelaku perjalanan, dengan vaksin booster juga akan membuat kekebalan tubuh semakin baik,” ujar dr Wawan.(oet)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: