Bagi Masyarakat yang Belum Vaksin Covid-19, Menkes Ingatkan Segera Booster

Bagi Masyarakat yang Belum Vaksin Covid-19, Menkes Ingatkan Segera Booster

Radarindamayu, JAKARTA -Kini varian baru turunan Omicron masih muncul di sejumlah negara. Bagi yang belum mendapatkan booster atau dosis ketiga vaksin Covid-19 diingatkan agar segera mendapatkannya.  

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksinasi booster terbukti berhasil meningkatkan kadar antibodi tubuh dalam melawan Covid-19. Hal itu sesuai dengan hasil sero survei yang sudah dilaksanakan pada Maret.

Budi dalam keterangan resmi Kemenkes, Selasa, 31 Mei 2022 mengatakan, ”Data sero survei yang bulan Maret, jadi kita lihat survei kadar antibodi rata-rata sebelum booster itu sekitar 400 titer. Begitu di-booster, itu naik berkali kali lipat kadar antibodinya, sehingga akan sangat melindungi masyarakat”.

BACA JUGA:Sakit Kepala, Robert Rene Alberts Pelatih Persib Dilarikan ke RS

Saat ini capaian vaksinasi booster baru mencapai 25 persen. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, masyarakat diminta untuk segera mendapatkan suntikan booster di wilayahnya masing-masing.

Menurut Menkes Budi mrngatakan, ”Pak Presiden juga sekaligus meminta untuk mempercepat stok vaksin yang banyak di daerah sekarang itu segera menerapkan booster”.

Terkait dengan capaian vaksinasi, Kementerian Kesehatan mencatat hingga 30 Mei, secara total sudah lebih dari 413 juta dosis vaksin yang disuntikkan kepada masyarakat Indonesia, baik dosis 1, 2, maupun booster. Sebanyak 200.246.648 masyarakat yang menerima suntikan dosis pertama. Sementara 167.391.090 masyarakat sudah menerima dosis kedua. Dan 45.607.567 masyarakat yang mendapatkan vaksinasi dosis booster. (len)

BACA JUGA:Intip! Cara Memaksimalkan Fitur-fitur Smartphone Sejutaan di Jaringan 4G yang Lebih Lancar

 

Artikel ini sudah tayang di jawapos.com dengan judul"Antibodi Naik Berkali Lipat, Menkes Ingatkan Segera Booster Covid-19"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawapos.com