SMKN 1 Patrol Jalin Kerja Sama 21 Perusahaan, Gelar Rekrutmen Canaker Mandiri

SMKN 1 Patrol Jalin Kerja Sama 21 Perusahaan, Gelar Rekrutmen Canaker Mandiri

SALURKAN ALUMNI: BKK SMK Negeri 1 Patrol mengadakan rekrutmen canaker secara mandiri menggandeng salah satu perusahaan nasional, Sabtu (2/7). INZERT: Kepala SMKN 1 Patrol Drs Rachmat Heriwan MPd.--

Radarindramayu.id, PATROL - Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Negeri 1 Patrol terus berinovasi dalam memberikan pelayanan serta mempermudah alumni mendapatkan pekerjaan. Demi menyalurkan lulusan masuk dunia kerja, BKK SMKN 1 Patrol menggandeng kemitraan strategis dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), rutin mengadakan rekrutmen calon tenaga kerja secara mandiri.

BKK SMKN 1 Patrol kembali mengadakan rekrutmen canaker secara mandiri, Sabtu (2/7). Kali ini menggandeng salah satu perusahaan nasional yang bergerak dibidang plastik componen dan metal component berbagai produk automotif.

Rekrutmen diperuntukkan khusus bagi para alumni sekolah kejuruan favorit yang terletak di Jl Raya Bugel Blok Badak Kecamatan Patrol tersebut. “Pesertanya sebanyak 200 alumni. Kami memfasilitasi mereka untuk bisa masuk ke dunia kerja,” kata Kepala SMKN 1 Patrol, Drs Rachmat Heriwan MPd didampingi Wakasek Manajemen Mutu, Iman Arifin SPd dan didampingi Ketua BKK SMKN 1 Patrol, Niman Carniman SPd.

Selain secara mandiri, BKK SMKN 1 Patrol juga memfasilitasi para lulusan untuk mengikuti seleksi canaker ditempat lain yang diadakan oleh Asosiasi Bursa Kerja Indramayu (ABKI).

BACA JUGA:Sri Tanjung Sugiarti Tarka, Gadis 24 Tahun Penerjemah Naskah Kuno

Sebelum mengikuti seleksi, mereka terlebih dahulu diberikan pembekalan agar lebih siap memasuki dunia kerja. Mengingat para alumnsi itu sudah memiliki kompetensi di bidangnya untuk siap diaplikasikan di dunia kerja.
”Karena dunia kerja itu tidak mudah, transisi dari siswa menjadi pekerja juga tidak mudah. Ssehingga kami memberikan pembekalan agar mereka lebih siap dengan segala tantangan dan risikonya,” jelas Rachmat Heriwan.

Dia memaparkan, untuk mengakomodir para lulusan ang siap kerja tersebut, sejumlah terobosan telah dan terus dilakukan. Seperti menjalin kerjasama dengan puluhan perusahaan lokal, regional dan nasional.

Sejauh ini, SMKN 1 Patrol menjalin kemitraan dan komunikasi dengan sebanyak 21 perusahaan. Baik yang bergerak dibidang manufacture, otomotif, elektronik, komputer sampai penyedia spare part atau suku cadang.
Kerja sama tersebut, awalnya lebih kepada menampung kegiatan praktik kerja lapangan (PKL) yang diperuntukkan bagi siswa kelas XI.

BACA JUGA:46 Jemaah Calon Haji Terpaksa Dipulangkan, Ternyata Ini Alasannya...

Namun kemudian berlanjut dengan perjanjian kerjasama untuk memfasilitasi para lulusan supaya segera mendapatkan pekerjaan. Hasilnya banyak siswa yang lulus berhasil diterima di perusahaan tempatnya magang itu.
“Setiap ada rekrutmen dari perusahaan mitra, BKK pasti akan berperan aktif,” ujarnya.

Pihaknya bersyukur, dengan terobosan itu, minat lulusan SMP sederajat melanjutkan pendidikan ke SMKN 1 Patrol sangat tinggi. Buktinya, jumlah pendaftar calon peserta didik kelas X tahun pelajaran 2022/2023 meningkat dari tahun sebelumnya. Mencapai 340 calon siswa baru.

Di SMKN 1 Patrol sendiri terdapat 3 kompetensi keahlian. Yaitu Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) serta Teknik Permesinan (TPm).

Fasilitas yang dimiliki SMK yang berdiri pada tahun 2010 inipun terus bertambah. Selain ruang kelas yang nyaman, juga tersedia fasilitas, bengkel dan laboratorium praktik memadai. Terdapat pula masjid, lapangan olahraga dan perpustakaan.

“SMKN 1 Patrol menjadi salah satu sekolah kejuruan yang memiliki fasilitas lengkap ditambah lagi dengan tenaga pendidik yag cakap, ramah dan profesional,” tandas Rachmat Heriwan. (kho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: