Program CSR Pertamina EP Zona 7 Jatibarang Field, Ciptakan Desa Wisata Tanjungpura

Program CSR Pertamina EP Zona 7 Jatibarang Field, Ciptakan Desa Wisata Tanjungpura

PROGRAM 5 G : SR Bidang Lingkungan PT Pertamina EP Zona 7 Jatibarang Field melaksanakann Program 5G (Go Green, Go Clean, Go Healthy, Go Tourism, Go Sustainable) di Desa Tanjungpura, Kecamatan Karangampel, Indramayu pada tanggal Kamis (9/06).-utoyo-

Radarindramayu, INDRAMAYU - CSR Bidang Lingkungan PT Pertamina EP Zona 7 Jatibarang Field melaksanakann Program 5G (Go Green, Go Clean, Go Healthy, Go Tourism, Go Sustainable) di Desa Tanjungpura, Kecamatan Karangampel, Indramayu pada tanggal Kamis (9/06). Apa saja kegiatannya?

Dalam kegiatan ini PT Pertamina EP Zona 7 Jatibarang Field  turut menggandeng Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Indramayu, serta Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Indramayu untuk mendukung Desa Tanjungpura menjadi Desa Agrowisata.

Giat program ini juga dihadiri oleh Muspika Karangampel dan tokoh masyarakat setempat.

Kuwu Desa Tanjungpura, Didi Rohadi, SE, mengungkapkan bahwa Program 5G (Go Green, Go Clean, Go Healthy, Go Tourism, Go Sustainable) ini selaras dengan rencana kerja Pemerintah Kabupaten Indramayu yang menunjuk Desa Tanjungpura sebagai Desa Wisata.

BACA JUGA:Pelaku IKM Bisa Akses Program Kruwcil

 “Penanaman 300 bibit tanaman lengkeng dan petai ini sangat bermanfaat bagi desa kami sebagai langkah awal mewujudkan Desa Wisata Petik Buah.

Selain berdampak positif terhadap penghijauan, tentunya juga akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat Desa Tanjungpura.

Hal tersebut karena hasil panen dan bibit perbanyakan tanaman pohon tersebut potensial untuk dijual. Proses pengembangbiakan dan perawatan tanamannya pun dapat dikembangkan sebagai wahana wisata edukasi pertanian bagi pengunjung.

BACA JUGA:Gencar Tolak Geng Motor, Tebar Spanduk Minta Aparat Bertindak Tegas

Kemudian, kami berharap kedepannya agrowisata ini akan berkembang sehingga dapat membantu UMKM Desa Tanjungpura untuk turut memasarkan produk unggulannya di Desa Wisata ini," ujar Didi.

Dalam sambutannya, Muspika Kecamatan Karangampel memberikan apresiasi kepada PT Pertamina EP Zona 7 Jatibarang Field atas komitmen perusahaan dalam tanggung jawab sosial bidang lingkungan Field .

Ade Sukma Wibowo, S.Sos, M.Si, camat Karangampel, berharap giat program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Tanjungpura serta dapat direplikasi di wilayah desa lainnya di Kecamatan Karangampel.

Head of Comm, Relation & CID  PT Pertamina EP Regioanl 2 Zona 7, Wazirul Luthfi mengungkapkan kegiatan CSR Bidang Lingkungan tersebut merupakan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan khususnya wilayah Kabupaten Indramayu.

BACA JUGA:Buktikan Kinerja, Airlangga Berpotensi Jadi Capres Pilihan Rakyat

Kami berharap kegiatan ini memberikan dampak positif baik dalam lingkup lingkungan maupun lingkup ekonomi  berkelanjutan khususnya bagi masyarakat Desa Tanjungpura.

Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Indramayu turut mendukung program ini. Dalam pemaparan materi mengenai Pengembangan Wisata Indramayu, agrowisata memiliki peluang untuk dikembangkan, terutama di era digital saat ini, dimana pemuda pemudi lebih sering liburan untuk kemudian ditunjukkan di sosial media. Melalui sosial media tersebut dapat memudahkan promosi bagi pemilik destinasi wisata.

Dukungan positif pun turut diberikan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Indramayu. Dalam pengembangan agrowisata ini tentunya dapat berdampak positif juga terhadap ketahanan pangan. Hal tersebut karena tidak hanya produk segar saja yang dapat dijual, namun produk olahan dari hasil panen juga dapat dijual dan dikonsumsi. Olahan pangannyapun bisa menjadi produk inovasi  ciri khas Desa TanjungpuraOlahan

BACA JUGA:Jasad Eril Ditemukan Utuh, Ridwan Kamil: Sungguh Mukjizat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: