Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku, Polisi Pantau Langsung Pasar Hewan dan Kandang Milik Warga

Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku, Polisi Pantau Langsung Pasar Hewan dan Kandang Milik Warga

MONITOR: Petugas Polsek Haurgeulis bersama mantri hewan memonitor kondisi kesehatan ternak yang diperjualbelikan di Pasar Hewan Haurgeulis, Minggu (22/5).-KHOLIL IBRAHIM-

Radarindramayu, HAURGEULIS - Kepolisian Resor Indramayu memperketat pengawasan terhadap peternakan dan pasar hewan. Polisi diterjunkan mengawasi langsung sebagai bentuk antisipasi penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya sapi.

Tak kenal hari libur. Jajaran Polsek Haurgeulis, bersama petugas mantri hewan memonitor pasar hewan Haurgeulis, Minggu (22/5).

Kapolres Indramayu AKBP M Lukman Syarif melalui Kapolsek Haurgeulis AKP Cartono SH menjelaskan, pemantauan dilakukan untuk melihat secara langsung kondisi kesehatan hewan ternak baik sapi maupun kambing yang diperjual belikan para pedagang.

Sebagai bentuk kewaspadaan menyusul adanya temuan kasus PMK di sejumlah daerah. Polisi juga turut membantu memberikan sosialisasi dan edukasi kepada pedagang hewan dan peternak.

BACA JUGA:Bidik Dua Kursi setiap Dapil, Sambut Verifikasi Faktual KPU, Partai Gelora Gelar Konsolidasi

BACA JUGA:Kuku Mulut

“Kami berkolaborasi dengan pihak terkait untuk melakukan pengawasan secara menyeluruh terhadap hewan ternak yang ada di Kecamatan Haurgeulis. Sasarannya baik itu di peternakan, tempat pemotongan hewan maupun pasar hewan,” terang Kapolsek AKP Cartono.

Pihaknya memastikan, berdasarkan hasil pemeriksaan tidak ditemukan adanya hewan yang terjangkit PMK. Pun demikian, masyarakat diimbau tetap waspada dan tidak perlu panik ataupun khawatir terkait dengan adanya penyakit PMK pada hewan ternak konsumsi.

Sampai seterusnya menjelang hari raya Idul Adha, petugas kepolisian bakal getol mengawasi pergerakan hewan ternak terutama sapi dan kambing di pasar hewan. Termasuk ke kandang-kandang komunal milik warga. (kho)

BACA JUGA:Gerakan Pramuka Indramayu Harus Tegak Lurus Dukung Bupati Nina

BACA JUGA:Ribuan Warga Nahdliyin Hadiri Haul Kiai Syakir dan Sesepuh Wotgalih, Said Aqil Siradj: Perkuat Silaturahmi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: