Menkes Budi: Sertifikat Vaksin Covid-19 RI Diakui ASEAN, Perjalanan Lebih Mudah

Menkes Budi: Sertifikat Vaksin Covid-19 RI Diakui ASEAN, Perjalanan Lebih Mudah

Menkes Budi Gunadi mengatakan adanya saling pengakuan terhadap sertifikat vaksinasi Covid-19 membuat warga negara anggota ASEAN dapat melakukan perjalanan dengan aman ke negara-negara ASEAN lainnya--JawaPos.com)

Radarindramayu, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi mengatakan, Negara Anggota ASEAN mengakui sertifikat vaksinasi Covid-19 jadi langkah pertama keluar dari pandemi Covid-19. Sehingga memudahkan perjalanan internasional yang aman.

Dalam pertemuan menteri kesehatan se-ASEAN ke-15 (15th AHMM) di Bali, pertemuan itu dibahas pengembangan sertifikat Covid-19 dengan menggunakan standar digital dapat meminimalkan paparan virus Covid-19. Termasuk juga memaksimalkan potensi perjalanan internasional yang aman.

Kini secara tidak langsung, sertifikat vaksinasi ini dapat membantu mendorong kegiatan ekonomi untuk memastikan kembalinya bisnis, termasuk pariwisata setelah pandemi Covid-19. Fungsi yang sama untuk memfasilitasi kemudahan perjalanan oleh warga ASEAN di kawasan ASEAN.

“Negara-negara anggota ASEAN dapat menggunakan mekanisme yang berlaku di masing- masing negara,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan resmi, Senin (16/5).

BACA JUGA:Akhirnya Jasad Sarta Ditemukan Tersangkut di Sungai Ciranggon Sumberjaya

BACA JUGA:Berhasil Perkuat Ekosistem Digital, Penyaluran KUR BRI Tembus Rp88,99 Triliun per April 2022

Menkes Budi menekankan pentingnya keterlibatan multi sektoral dalam operasionalisasi sertifikat vaksinasi Covid-19. Para Menteri Kesehatan ASEAN berkomitmen untuk bekerja sama menumbuhkan ketahanan pasca pandemi Covid-19, di antaranya melalui sertifikat vaksinasi Covid-19. Penggunaan sertifikat vaksinasi Covid-19 tetap menjunjung tinggi hukum yang berlaku, peraturan keimigrasian, dan protokol kesehatan wajib di masing-masing negara anggota ASEAN.

“Dengan saling pengakuan terhadap sertifikat vaksinasi Covid-19, diharapkan warga negara anggota ASEAN dapat melakukan perjalanan dengan aman ke negara-negara ASEAN lainnya,” tegasnya.(jp)

BACA JUGA:Kecelakan Tol Surabaya-Mojokerto Hari Ini, 11 Orang Tewas Usai Bus Tabrak Tiang VMS

BACA JUGA:Tim SAR Cari Warga yang Tenggelam di Sungai Cikebakan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawa pos