Warga Buka Paksa Pagar Penutup U-Turn

Warga Buka Paksa Pagar Penutup U-Turn

TERBUKA: Musim arus balik, sejumlah U-Turn di jalan raya pantura Kabupaten Indramayu dibuka paksa oleh warga, kemarin. FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU--

Radarindramayu, LOHBENER-Puncak arus balik belum dimulai. Tetapi jajaran Kepolisian Resor (Polres) Indramayu sepertinya harus keluar keringat dua kali. Menyusul banyaknya pagar penutup putaran atau U-Turn yang sudah terbuka.

Seperti terpantau di sejumlah titik ruas jalur arteri pantura Lohbener-Losarang, Kamis (5/5).

Beberapa U-Turn yang sebelumnya tertutup tolo-tolo yang disambung dengan tali dan bilah bambu terlihat dalam kondisi terbuka.

BACA JUGA:Uang Masuk dari Penjualan Tiket Pantai Tirtamaya Baru Rp 140 Juta Lebih

Kuat dugaan, pagar penutup itu sengaja dibongkar oleh oknum warga untuk mempermudah menyeberang jalan.

“Pas sejak Lebaran saja banyak yang kebuka,” ucap Jured, salah seorang warga.

Sepengetahuannya, upaya perbaikan pernah dilakukan oleh petugas kepolisian. Namun, usai diperbaiki, tak lama pembatas yang dipasang untuk mencegah kendaraan yang memutar sembarangan itu, justru kembali dibongkar.

BACA JUGA:Canggih! Profesor Kampung asal Cirebon Ciptakan Nikuba, Alat untuk Mengubah Air jadi BBM

Widi warga lainnya mengatakan, kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas masih cukup memprihatinkan.

Ditambah lagi, sistem infrastruktur jalan yang kurang mendukung. Itu terlihat dari banyaknya jalan-jalan atau gang tikus di lingkungan pemukiman masyarakat yang mengarah langsung ke jalur utama pantura.

Tak aneh, jika kemudian ada oknum warga mengambil jalan pintas untuk menyerobot jalur dengan sengaja merusak pagar pembatas median jalan maupun melawan arus atau contra flow.

Padahal, lanjut Widi, para penyeberang jalan ini disediakan tempat khusus, yakni jalur lingkar dan beberapa titik penyeberangan yang dijaga langsung oleh petugas kepolisian. “Sayang sekali, fasilitas tersebut masih banyak diabaikan masyarakat,” ujar Widi. (kho)

BACA JUGA:Tips Agar Terhindar dari Macet Saat Berkendara

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: