DKPP Kabupaten Indramayu Siap Berikan Pendampingan Kepada Petani Muda

DKPP Kabupaten Indramayu Siap Berikan Pendampingan Kepada Petani Muda

MOTIVASI: Peserta pelatihan 1.000 petani muda angkatan 5 terlihat antusias mengikuti pelatihan terkait sektor peternakan, kemarin-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Indramayu rupanya semakin serius dalam mencetak 1.000 petani muda di Kabupaten Indramayu, pasalnya mereka tidak saja memberikan materi terkait bagaimana teknis memulai menjalankan usaha tani atau ternak, namun juga DKPP akan terus melakukan pendampingan sampai memiliki jejaring pasar yang luas.

Kepala Bidang Hortikultura, Perkebunan dan Penyuluhan DKPP Kabupaten Indramayu, Ikhwan Farkhani mengatakan petani muda yang mengikuti pelatihan sejumlah 1.000 peserta, dari pendaftar mencapai 1.300 orang. Yang pelaksanaanya digelar setiap minggu satu angkatan setiap anggkatan di isi 50 peserta.

"Sekarang sudah angkatan ke 5, sampai angkatan 20, dengan materi yang berbeda-beda tergantung minat dari peserta itu sendiri, angkatan 5 ini tentang peternakan, Sapi, Ayam, Kambing atau Domba, dan Magot," ucapnya, Jumat (17/5).

Pada pelatihan 1.000 petani muda tersebut, sambung Ikhwan mereka diberikan materi bukan saja sebatas terkait budidaya, namun terkait permodalan, peluang-peluang usaha, dan pemasaran juga yang diberikan oleh narasumber-narasumber yang berkompeten di bidangnya. Saat ini DKPP Kabupaten Indramayu dalam pelatihan 1.000 petani muda di Indramayu ada 4 komuditas yang dikembangkan diantaranya Peternakan, Pertanian, Sayuran, dan Buah-Buahan.

BACA JUGA:Lantik Pj Bupati Cirebon, Begini Pesan Bey Machmudin

"Ya istilahnya praktisi dibidang pertanian, peternakan. Peserta juga dilatih bagaimana memasarkan produk lewat marketplace dan media sosial agar produknya lebih menarik," tuturnya.

Dengan pelatihan-pelatihan yang diberikan DKPP Kabupaten Indramayu diharapkan pada nantinya akan membentuk komunitas, dan relasi jaringan antara sesama petani sesuai dengan klasternya mulai dari pertanian, peternakan, sesuai dengan apa yang dikembangkannya. Kemudian mereka juga di motivasi oleh praktisi disektor pertanian dan peternakan agar produknya dapat diserap oleh pasar.

"Untuk kesulitan sendiri yang dirasakan oleh peternak dan petani bagaimana budidaya yang benar terutama atas hama dan penyakit, dan jangan khawatir apa yang di budidayakan pasti ada pasarnya, kita siap dampingi atasi permasalahan mereka" katanya.

Sementara itu, salah satu peserta asal Kecamatan Karangampel Novandi Bayu Permana mengatakan sangat termotivasi mengiku pelatihan peternakan yang diadakan Pemkab Indramayu melalui DKPP Kabupaten Indramayu, apa yang diadakan tersebut menjadi pemacu baru menggerakan anak muda untuk meningkatkan kualitasnya.

BACA JUGA:Tak Lagi Jadi Bupati Cirebon, Imron Berharap Tetap Jadi Teman Diskusi

"Bisa meningkatkan kualitas kami, karena dalam mengembangkan sektor usaha peternakan banyak kendala yang kami hadapi mulai dari pemasaran, permodalan, dan pengelolaannya," ujarnya. (oni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: