Canggih! Profesor Kampung asal Cirebon Ciptakan Nikuba, Alat untuk Mengubah Air jadi BBM

Canggih! Profesor Kampung asal Cirebon Ciptakan Nikuba, Alat untuk Mengubah Air jadi BBM

Setelah dilakukan pengujian, Nikuba bikin air jadi bahan bakar mampu memasok bahan bakar pada mobil Aryanto Misel dengan jarak tempuh Cirebon Semarang pulang pergi hanya kurang 1 liter air.-Dedi Haryadi/Radarcirebon.com-

Radarindramayu, CIREBON - Terkenal dengan sebutan profesor kampung, Aryanto Misel seringkali menciptakan alat-alat sederhana namun canggih. Terbaru dirinya menciptakan bahan bakar minyak (BBM) dari bahan air.

Alat yang diberinama Nikuba itu, sudah diuji coba pada kendaraan milik pribadinya, dengan jarak tempuh Cirebon-Semarang bolak balik, alat tersebut hanya membutuhkan 1 liter air.

Sekarang, alat ciptaan dirinya itu, diuji coba juga pada beberapa kendaraan operasional petugas TNI. 

Nikuba alat yang bisa mengubah air jadi BBM buatan Aryanto Misel itu, ditinjau Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, Danrem 063/ Gunung Jati Kolonel Inf Dany Rakca.

BACA JUGA:Perempuan yang Mengaku Diculik dan Hendak Diperkosa, Ternyata Akal-Akalan

Pangdam III Siliwangi hadir di kediaman Aryanto Misel di Lemahabang Wetan, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, meninjau Nikuba alat buatan untuk pengubah air jadi BBM.

Nikuba sebelumnya telah diuji coba dan terbukti dapat jadi alat pengubah air jadi BBM, sehingga kendaraan dapat dijalankan tanpa menggunakan bahan bakar fosil.

Tidak hanya itu, sejumlah kendaraan dinas di lingkungan Kodam III Siliwangi ternyata sudah menggunakan alat buatan Aryanto Misel tersebut.

“Harus ditangkap sebagai peluang, di mana masyarakat dapat membangun potensi lokal. Bagi saya menganggap ini perlu dikembangkan, selain sebagai fungsi pembinaan wilayah,” kata Pangdam III Siliwangi, dikutip dari radarcirebon.com, Kamis (5/5/2022).

BACA JUGA:Diprediksi 50 Ribu Warga Pendatang Baru Masuk ke Jakarta Setelah Lebaran

Pangdam III Siliwangi hadir turut didampingi Dandim 0614/Kota Cirebon, Dandim 0617/ Majalengka dan Kasdim 0620/Kabupaten Cirebon.

Dalam kesempatan tersebut, selain melakukan uji coba juga melihat penggunaan teknologi lain temuan dari Aryanto yakni pemadam api berbahan kulit singkong.

“Saya kira dalam pengembangan teknologi tidak ada henti-hentinya. Apalagi terkait dengan bahan bakar yang sifatnya sangat dibutuhkan masyarakat,” tuturnya.

Terkait Nikuba, Pangdam III Siliwangi mengaku, sudah memesan dan beberapa kendaraan dipasang yakni alat pengubah air jadi BBM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Radar Cirebon