Canggih! Profesor Kampung asal Cirebon Ciptakan Nikuba, Alat untuk Mengubah Air jadi BBM

Canggih! Profesor Kampung asal Cirebon Ciptakan Nikuba, Alat untuk Mengubah Air jadi BBM

Setelah dilakukan pengujian, Nikuba bikin air jadi bahan bakar mampu memasok bahan bakar pada mobil Aryanto Misel dengan jarak tempuh Cirebon Semarang pulang pergi hanya kurang 1 liter air.-Dedi Haryadi/Radarcirebon.com-

BACA JUGA:Kendaraan dari Kuningan menuju Cirebon Padat, Pengguna Jalan Dihimbau Menghindari Jam-Jam Ini

Dirinya akan berusaha lebih luas lagi dalam penggunaan Nikuba, alat pengubah air jadi BBM. Terutama pada tipologi daerah yang sulit menjangkau BBM fosil.

“Daerah yang membutuhkan untuk didatangi dan sulit menjangkau BBM. Misalnya, di kawasan pesisir, pantai juga pegunungan. Itu kita akan pasang,” tuturnya.

Pangdam III Siliwangi mengaku, melihat alat temuan Aryanto ini, sebagai satu upaya yang luar biasa dan metedologi yang baru, karena tidak akan ketergantungan dengan BBM fosil.

Sementara itu, Aryanto menjelaskan Nikuba yakni alat pengubah air jadi BBM. Yang cara kerjanya diolah secara elektrolisis melalui anoda dan katoda, dengan H20.

BACA JUGA:Wisatawan Membludak dan Macet Total Pangandaran

“Alat ini membuat air terpecah secara elektrolisis di elemen dry cell menjadi H2 dan O2. Hasil hidrogen disalurkan ke ruang bakar,” katanya.

Sementara, sambung dia, oksigennya tersirkulasi. Alat tersebut sangat sederhana sebenarnya cara kerjanya.

“Jadi ini tidak menggantikan mesin bensin. Ketika ada kendala, bisa di-switch ke bahan bakar asli atau bensin,” tuturnya.

Dia mengaku sudah melakukan uji coba dengan memakai di mobil pribadi selama lebih dari lima tahun. Bahkan bisa dipakai untuk perjalanan jarak jauh.

BACA JUGA:Keluarga Bani Makdum Helat Acara Halalbihalal

“Bisa untuk jarak tempuh uji coba, Cirebon Semarang dan kembali dari Semarang ke Cirebon, kurang dari 1 liter air,” katanya.

Tetapi, kata Aryanto, tidak sembarang air yang bisa dipakai, karena harus sudah bebas dari kandungan logam berat dengan cara disuling.

Air mineral juga belum tentu sudah terpisah logam beratnya. Karenanya masih memerlukan sistem penyulingan untuk benar-benar bebas dari logam berat.

Seperti diketahui, Nikuba yang dikenal sebagai alat pengubah air jadi BBM, sesungguhnya bukan mengubah air menjadi bensin atau sejenisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Radar Cirebon