Kekalahan Pertama di Round 3, STY Ungkap Penyebab Timnas Garuda Dibobol China

Kekalahan Pertama di Round 3, STY Ungkap Penyebab Timnas Garuda Dibobol China

Shin Tae-yong Ungkap Penyebab Kekalahan Timnas Indonesia Lawan China -PSSI-Radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, buka suara penyebab anak asuhnya bisa kebobolan China dengan skor akhir 2-1.

Skuad Garuda alami kekalahan pertama dari China dalam lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung Stadion Youth Qingdao, Selasa (15/10/2024) 19.00 WIB.

Menurut STY, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab Timnas Indonesia membawa tiga poin. Pertama, soal taktik. Pelatih Timnas Garuda itu mengaku tidak menyangka dengan taktik yang diterapkan oleh China.

Permainan menyerang Indonesia sejak babak pertama dibalas dengan pertahanan dengan garis rendah dan memanfaatkan serangan balik.

BACA JUGA:Turun 3 Ranking, Peringkat FIFA Indonesia Pasca Ditundukan China di Qingdao, Terjun Bebas

“Karena kami kalah di pertandingan ini, saya tidak mau membuat banyak alasan. Bagaimanapun, saya tidak menduga gaya bermain tim China. Mereka memainkan taktik klasik seperti bola-bola panjang, dengan kick and rush. Bagaimanapun itu mungkin merupakan alasan tim kami kalah pada hari ini,” kata Shin Tae-yong usai pertandingan, dikutip dari Antara.

Selanjutnya, soal anak asuhnya dalam mencetak gol. Shin Tae-yong  mengungkapkan bahwa ia cukup puas dengan permainan menyerang dan penguasaan bola yang ditunjukkan oleh para pemain Timnas Indonesia dalam pertandingan tersebut. Namun, keberuntungan belum berpihak untuk mencetak gol.

“Menurut saya, pada pertandingan hari ini kami memiliki lebih banyak penguasaan bola, mungkin sekira 70-30. Dan khususnya pada babak pertama, menurut saya kami menguasai 80 persen. Ini situasi yang tidak beruntung, yang membuat kami tidak dapat mencetak gol” ujar Shin.

Selain itu, STY juga mengungkapkan bahwa kekalahan Timnas Indonesia yang dibobol China akibat dari kurang fokus dan konsentrasi para pemain. Dua gol dari China ke gawang Timnas Indonesia, disebabkan karena kurangnya konsentrasi dan kesalahan fatal yang dilakukan pemain.

BACA JUGA:Hasil Pertandingan China Vs Indonesia Kalah 2-1, Bertahan di Peringkat 5 Grup C

"Sedikit kurang konsentrasi yang menyebabkan kemasukan gol pertama. Kami semestinya dapat lebih berkonsentrasi," kata Shin Tae-yong 

"Untuk gol kedua, terdapat kesalahan. Kami semestinya tidak kehilangan bola akibat tekanan lawan di sana," ucap STY.

Kekalahan Indonesia atas China itu memang jauh di luar prediksi para pecinta Timnas Garuda. Setelah sebelum-sebelumnya Indonesia mampu menahan imbang. Tak heran jika para fans Timnas sudah berkespektasi tinggi.

Kendati demikian, STY memberi apresiasi pada pemain dan dan berjanji akan mempersiapkan timnya lebih baik untuk laga-laga berikutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: