Dinilai Keputusan Ahmed Al Kaf Berpihak PSSI Protes ke FIFA Terkait Kinerja Sang Wasit, Match Ulang?

Dinilai Keputusan Ahmed Al Kaf Berpihak PSSI Protes ke FIFA Terkait Kinerja Sang Wasit, Match Ulang?

Dinilai Keputusan Ahmed Al Kaf Berpihak PSSI Protes ke FIFA Terkait Kinerja Sang Wasit, Match Ulang?-ist (radarindramayu.id)-radarindramayu.id

“Ya, kami kirip surat proten. Kami sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit. Seperti menambah waktu sampai Bahrain menciptakan gol,” pungkas Exco PSSI, Arya Sinulingga.

Fans kemudian berspekulasi tentang protes PSSI. Apakah laga dapat diulang jika keputusan wasit Ahmed Al Kaf terbukti salah?

Karena laga Bahrain melawan Indonesia berada di bawah naungan FIFA, aturan yang ditetapkan oleh IFAB mengatur cara laga tersebut dimainkan. Menurut aturan musim 2023/2024, keputusan wasit adalah yang terakhir.

Meskipun begitu, pada laga kemarin, keputusan wasit sudah final dan tidak bisa diganggu gugat.

“Keputusan wasit mengenai fakta yang terkait dengan pemainan, termasuk apakah gol tercipta atau tidak dan hasil pertandingan bersifa final. Keputusan wasit, dan semua ofisial pertandingan lainya, harus selalu dihormati,” tulis IFAB pada bagian wasit.

BACA JUGA:Instagram Wasit Ahmed Al Kaf Langsung Hilang setelah Pertandingan Kontroversial Bahrain vs Indonesia

BACA JUGA:Merasa Dicurangi Wasit, Netizen Beri Dukungan Moral di Kolom Komentar Instagram Timnas Indonesia

Ketika laga sudah berjalan, wasit tidak boleh menganulir keputusan jika dia tahu dia membuat keputusan yang salah. Di Indonesia, pertandingan dimulai lagi setelah gol Marhoon pada menit 90+9.

Kasus laga yang pernah diulang

Sangat jarang pertandingan resmi FIFA dimainkan ulang. Laga Prancis lawan Irlandia Utara tidak ditunda karena kasus handball Thierry Henry pada Kualifikasi Piala Dunia 2010.

Meskipun demikian, itu tidak berarti tidak ada. Dalam pertandingan Afrika Setan melawan Senegal pada tahun 2016, pertandingan harus diulang karena wasit Jospeh Lamptey diduga mengubah hasil pertandingan.

Afrika Selatan menang 2-1 atas Senegal berkat penalti kontroversial yang diberikan oleh Lamptey. 

Komite Disiplin dan Banding FIFA dan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) bertanggung jawab atas keputusan tersebut.

BACA JUGA:Info A1! Kevin Diks Sudah Tiba di Jakarta, Bakal Jalani Naturalisasi dan Siap Bersalaman dengan Ketum PSSI

BACA JUGA:Ingin Saksikan Sang Adik Main Bersama Garuda, Tijjani Reijnders Akan Nonton Langsung Laga Indonesia Vs Bahrain

Sebagai informasi, klasemen sementara Grup C, Indonesia berada di posisi kelima dengan perolehan poin 3 dan disusul dengna Bahrain dengan perolehan poin 4.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: