Peluang Ranking FIFA Indonesia Bisa Melejit Naik Apabila Kalahan Australia, Bisa Salip Vietnam dan Thailand!

Peluang Ranking FIFA Indonesia Bisa Melejit Naik Apabila Kalahan Australia, Bisa Salip Vietnam dan Thailand!

Peluang Ranking Indonesia Bisa Naik Asalkan Kalahkan Australia-Ist/@afcasiancup-radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - Pertandingan antara Indonesia melawan Arab Saudi kemarin dengan skor imbang 1-1 rupanya memiliki dampak yang signifikan bagi peringkat atau Ranking FIFA Indonesia.

Hasilnya timnas Indonesia memiliki peluang besar untuknaik dua peringkat FIFA ke-131 setelah mendapatkan 6,88 poin dari hasil imbang melawan Arab Saudi.

Per 18 Juli 2024, timnas Indonesia berada di peringkat 133 dengan total poin 1.108,73. Pembaruan peringkat selanjutnya pada 19 September 2024.

Ini merupakan hasil yang pertama sejak 24 Agustus 2011. Sekaligus menjadi pencapaian terbaik timnas era kepemimpinan pelatih Shin Tae-Yong, yang akhirnya tercapai hingga 13 tahun lamanya.

BACA JUGA:Media Vietnam Dibikin Melongo Usai Mengetahui Indonesia Naik Ranking FIFA Mengalahkan Malaysia 'Takut Disusul'

Namun apabila skuad garuda dapat mengalahkan Australia maka peluang ranking FIFA Indonesia bisa melejit naik drastis.

Mengutip dari football-ranking, timnas Indonesia mendapatkan 21,07 poin jika menang atas Timnas Australia.

Tambahan poin di atas membuat timnas Indonesia berpeluang naik lima posisi dari peringkat 131 ke 126 dunia.

Peluangnya sangat besar. Secara mental, skuad Shin Tae-yong berada di titik tertinggi setelah menahan tim kuat Arab Saudi 1-1 di kandang lawan pada matchday pertama Grup C.

BACA JUGA:Ngiri Lihat Indonesia Masuk Kualifikasi Piala Dunia, Malaysia Gelar Turnamen Receh Demi Menjaga Muka

Di sisi lain, mental skuad Timnas Australia sedang tidak baik-baik saja. Penyebabnya, skuad Socceroos -julukan Timnas Australia- di luar dugaan kalah 0-1 dari Bahrain.

Seperti yang di ketahui Thailand dan Vietnam pernah memasuki kualifikasi Piala Dunia pada tahun 2018 dan tahun 2022.

Tahun 2018 menjadi tahun kualifikasi Piala Dunia bagi Thailand disusul Vietnam pada tahun 2022.

Berbeda dengan Indonesia, Thailand susah payah mendapatkan poin pertama pada pekan ke-5 sedangkan Vietnam dapat poin pertama pada pekan ke-8.

BACA JUGA:Bertemu Erick Thohir, Eliano Reijnders Adik Bintang Timnas Belanda dan AC Milan Bakal Dinaturalisasi Indonesia

Disisi lain Indonesia akan menjamu Australia pada hari Selasa mendatang, Gelora Bung Karno Stadium menjadi tempat pertandingan antara kedua Negara tersebut.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir juga menyatakan kondisi Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan yang akan dilaksanakan bagi Timnas di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, melawan Australia pada 10 September, sudah baik.

Menurutnya, akan ada beberapa improvement atau perbaikan yang tidak terlalu signifikan jelang pertandingan pertama Jay Idzes, dkk di kandang.

"Secara keseluruhan, keadaan stadion cukup baik. Akan ada beberapa improvement, tetapi tidak ada yang signifikan yang akan mengganggu pertandingan. Kami berkomitmen dalam memastikan ke pengelola GBK semua sudah siap untuk pertandingan menghadapi Australia," ujarnya di Stadion GBK, Sabtu (7/9).

BACA JUGA:Indonesia Susul Ranking FIFA Malaysia Hingga Buat Vietnam dan Thailand Ketar Ketir

Dalam peninjauan yang didampingi Kepala Pusat Pengelolaan Komplek Gelanggang Olahraga Bung Karno (PPKGBK), Rakhmadi A. Kusumo, Ketua PSSI mengecek kondisi rumput dan fasilitas pendukung lainnya untuk kedua tim serta penonton yang dipastikan akan membanjiri kawasan Senayan.

"Usai kemarin kita mampu mencuri satu poin melawan Arab Saudi, maka laga kandang pertama Timnas melawan Australia menjadi sangat krusial. Jadi kami pastikan kondisi rumput dan stadion benar-benar prima sehingga Timnas bisa meraih hasil maksimal," jelas Erick Thohir.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: