Ayi Sumarna Jadi Penyuluh Swadaya Berprestasi di Jabar

Ayi Sumarna Jadi Penyuluh Swadaya Berprestasi di Jabar

SIMBOLIS: Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat Dadan Hidayat menyerahkan piagam penghargaan kepada penyuluh swadaya berprestasi dari Kabupaten Indramayu Ayi Sumarna, kemarin.-istimewa-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID -Bergerak di sektor pertanian organik di Kabupaten Indramayu, Ayi Sumarna SP dinobatkan sebagai penyuluh swadaya berprestasi peringkat 3 di Jawa Barat.

Piagam diberikan saat Penghargaan dan Seremoni Apresiasi Insan Pertanian Berprestasi (Pesta Tani) 2024 yang digelar Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, belum lama ini.

“Alhamdulillah dari Kabupaten Indramayu bukan saya sendiri, ada beberapa penyuluh lainnya baik itu dari ASN, dan dari kalangan petani milenial yang dinobatkan sebagai penyuluh berprestasi,” ujar Ayi Sumarna SP, kemarin.

Ayi mengatakan, pada Pesta Tani 2024, perwakilan penyuluh pertanian se-Jawa Barat dari tiap daerah menghadirkan inovasinya dalam mengembangkan sektor pertanian di daerah mereka masing-masing.  

BACA JUGA:BPBD Empat Kali Kirim Air Bersih ke Tiga Desa Selama Agustus

Berdasarkan data yang dihimpun wartawan koran ini, di Jawa Barat terdapat penyuluh ASN dan THL sejumlah 3.673 orang, penyuluh swadaya berjumlah 2726 orang, kelompok tani sebanyak 55.980 kelompok, jumlah gabungan kelompok tani 38.141, jumlah Kelembagaan ekonomi petani 1.360 lembaga, dan petani berjumlah 3.139.620 orang.

“Yang hadir ini merupakan penyuluh swadaya, ASN, petani muda, ada inovasi ekonomi kreatif olahan hasil tani, alhamdulillah perwakilan Kabupaten Indramayu meraih beberapa kategori, termasuk saya menjadi juara 3 sebagai penyuluh swadaya prestasi di Jawa Barat,” ujarnya.

Disampaikan Ayi, pihaknya mengapresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang sangat memperhatikan sumber daya manusia pertanian adalah dengan memberikan apresiasi terhadap sumberdaya manusia yang berkontribusi aktif dan inovatif dalam proses pembangunan pertanian melalui pelaksanaan penilaian terhadap aparatur pendamping dan non-aparatur pelaku yang dilaksanakan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura.

“Semoga kegiatan Pesta Tani digelar setiap tahun, agar bisa memacu semangat kami penggerak pertanian di Kabupaten Indramayu agar selalu berinovasi dibidang pertanian,” tuturnya.

BACA JUGA:Segera Perbaiki Ruang Kelas yang Rusak, Bupati Nina Kunjungi SDN Cinini

Diketahui pada Pesta Tani 2024 tersebut perwakilan Kabupaten Indramayu memperoleh juara dalam 7 kategori yakni Penyuluh Swadaya Berprestasi peringkat 3 diraih Ayi Sumarna SP,  Inovasi Teknologi Tanaman Pangan peringkat 3 diraih oleh Darsono. Inovasi Teknologi Tanaman Hortikultura  Juara Harapan 2 Handiyono
 SP.

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Berprestasi Juara Harapan I BPP Balongan. Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Berprestasi juara harapan 2, KEP Bina Mandiri Sejahtera. Inovasi Apresiasi Regenerasi Petani peringkat 2, Eka Hadirama. Terkahir, Inovasi Apresiasi Regenerasi Petani diraih Erwin Wiguna SP. (oni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: