Migrant CARE Indramayu Sukses Sosialisasikan Desa Peduli Buruh Migran di Majasari

Migrant CARE Indramayu Sukses Sosialisasikan Desa Peduli Buruh Migran di Majasari

Kuwu Desa Majasari, Hj. Leli Uliyah, menyampaikan sambutannya dalam kegiatan yang diadakan oleh Migrant Care Indramayu, di Balai Desa Majasari, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu (21/8/2024).-Burhanudin-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.IDMigrant Care, organisasi yang berdedikasi untuk melindungi hak-hak buruh migran, berhasil menggelar sosialisasi dan perluasan program Desa Peduli Buruh Migran (Desbumi) di Balai Desa Majasari, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu (21/8/2024).

Muhammad Santosa, Koordinator Migrant Care, kegiatan ini merupakan langkah penting dalam upaya memberikan perlindungan yang lebih komprehensif bagi para pekerja migran Indonesia, khususnya yang berasal dari desa.

Dalam sosialisasi tersebut, Migrant Care memberikan pemahaman yang mendalam kepada masyarakat Desa Majasari mengenai pentingnya keberadaan Desbumi.

Desbumi, menurut Santosa, merupakan sebuah inisiatif yang bertujuan untuk melibatkan pemerintah desa dan masyarakat dalam memberikan perlindungan, pendampingan, serta pemberdayaan bagi buruh migran dan keluarganya.

BACA JUGA:Razia Rokok Ilegal, Satpol PP Gelar Acara TOT bagi Anggotanya

"Desa memiliki peran yang sangat strategis dalam melindungi warganya yang bekerja sebagai buruh migran. Melalui Desbumi, kita berharap dapat membangun jaringan perlindungan yang kuat dari tingkat desa hingga pusat," ujar Santosa kepada Radar Indramayu (21/8/2024).

Santosa menyampaikan bahwa Migrant Care membentuk komunitas-komunitas di Desa untuk memberdayakan para buruh migran.

"Sudah ada 6 komunitas Desbumi yang kami berdayakan di Kabupaten Indramayu. Sekarang di Desa Majasari baru akan kami dirikan. Komunitas ini mewadahi kasus-kasus tentang buruh migran, memberdayakan buruh migran seperti berbisnis, dan masih banyak lagi," katanya.

Kuwu Desa Majasari, Hj. Leli Uliyah, menyambut kegiatan ini dengan baik. Ia berpesan kepada para buruh migran Desa Majasari untuk mengikuti kegiatan ini sebaik-baiknya.

BACA JUGA:I Stand with Arhan, Coach Justin Kasih Ultimatum soal Dapur Orang Lain, Urus Dapur Masing-masing

"Apapun yang disampaikan oleh teman-teman Migrant Care Indramayu, harap diperhatikan, ya, karena ini untuk kemajuan kita. Teman-teman Migrant Care memiliki tujuan yang mulia, yakni memberdayakan para buruh migran, khususnya dalam hal ini warga Desa Majasari," ujar Kuwu Desa Majasari dalam sambutannya.

Dalam kesempatan ini, Migrant Care Indramayu bermaksud membentuk komunitas Desbumi di Desa Majasari, untuk dibina dan diberdayakan.

Migrant Care juga mengundang Desbumi Juntinyuat dan Desbumi Segeran, yang sudah lebih dulu terbentuk.

Nurhaeni, perwakilan dari Desbumi Juntinyuat, menceritakan kesuksesannya berpartisipasi dalam komunitas tersebut.

BACA JUGA:Fitur Pada NMAX 'TURBO' Ini Jadi Andalan Para Biker Saat Touring Jarak jauh

Sementara itu, Desbumi Segeran berhasil menciptakan produk UMKM berbahan dasar buah jeruk. 

"Kami memiliki produk UMKM unggulan hasil produktivitas kami, yaitu jelly dari buah jeruk," ucap Sangadah, perwakilan Desbumi Segeran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: