Demi Kesejahteraan PMI, Migrant CARE Adakan Sosialisasi Koperasi Konsumen Desa

Demi Kesejahteraan PMI, Migrant CARE Adakan Sosialisasi Koperasi Konsumen Desa

Para pengurus koperasi Desbumi dari Desa Tinumpuk, Desa Juntinyuat, dan Desa Juntiweden, berfoto bersama dengan pemateri dan anggota Migrant CARE, di Aula Universitas Wiralodra (12/9/2024).--radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID – Lembaga Swadaya Masyarakat bernama Migrant CARE berhasil menggelar sosialisasi koperasi konsumen desa, demi mengangkat kesejahteraan Purna Migran Indonesia (PMI) Kabupaten Indramayu, di Aula Universitas Wiralodra, Kamis (12/9/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya koperasi sebagai wadah ekonomi bersama, dan memberikan perlindungan bagi para buruh migran.

Lembaga yang berfokus pada kesejahteraan buruh migran ini melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu, melalui Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagin). 

Migrant CARE memberi sebuah wadah berupa komunitas, untuk para buruh migran bernama Desa Peduli Buruh Migran (Desbumi), yang saat ini sudah terbentuk komunitasnya di 3 desa di Kabupaten Indramayu, yakni Desa Tinumpuk, Desa Juntinyuat, dan Desa Juntiweden.

Koordinator Migrant CARE, Muhammad Santosa, menyampaikan bahwa koperasi konsumen desa memiliki peran strategis dalam membangun perekonomian desa. 

BACA JUGA:PSSI Sedang Dalami Analisa Dokumen Naturalisasi Milik Mauro Zijlstra, Bagaimana Nasib Ole Romeny?

“Koperasi ini tidak hanya menjadi tempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan pendapatan anggota,” ujarnya.

Santosa menyoroti berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari koperasi konsumen desa.

"Kalau untuk anggota Desbumi yang ingin membeli bahan pokok tapi lagi ngga ada uang, lari aja ke koperasi, ambil aja dulu bahannya, nanti dicatat. Kemudian kalau pengen menggadaikan emas juga larinya ke koperasi aja, karena di kita ada," ucap Santosa. 

Untuk mendukung keberhasilan koperasi konsumen desa, Migrant CARE berkomitmen untuk memberikan pendampingan kepada para pengurus koperasi. 

Selain itu, menurut Santosa, kerja sama dengan berbagai pihak terkait, seperti pemerintah daerah dan lembaga-lembaga lainnya juga akan terus ditingkatkan.

BACA JUGA:Rizky Ridho Layak Dapat Kredit Khusus, Bikin Striker Australia Mati Kutu: Kualitasnya Bukan Main!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: