Perumdam Tirta Darma Ayu Berhasil Sumbang PAD 3,7 Miliar

Perumdam Tirta Darma Ayu Berhasil Sumbang PAD 3,7 Miliar

Kantor Perumdam Tirta Darma Ayu tampak dari depan (13/8/2024).-Foto: ist. -radarindramayu.id

Sepanjang tahun 2023, program Debas berhasil mencapai sejumlah pencapaian signifikan. Salah satu capaian utamanya adalah peningkatan kapasitas produksi air bersih melalui perbaikan dan pembangunan fasilitas penyaringan baru. 

"Ini berkontribusi pada penurunan keluhan masyarakat terkait kualitas air. Karena sebelumnya menjadi isu utama di beberapa daerah di Indramayu,"jelasnya.

Selain itu, lanjut dia,  program ini juga memperluas jaringan distribusi dengan menambah panjang pipa distribusi dan meningkatkan konektivitas ke area-area yang belum terjangkau.

Program Debas juga melibatkan pemeliharaan dan perbaikan sistem pipa yang sudah ada, yang berdampak pada pengurangan kebocoran dan peningkatan efisiensi distribusi. 

Upaya ini membantu mengurangi pemborosan air dan memastikan suplai yang lebih stabil kepada pelanggan.

Dari segi finansial, program ini mendukung pendapatan asli daerah (PAD) Perumdam Tirta Darma Ayu melalui peningkatan tarif layanan yang sejalan dengan perbaikan kualitas layanan. Hal itu berdampak pada peningkatan PAD Kabupaten Indramayu. 

BACA JUGA:Diduga Korsleting Listrik Kandang Ayam Terbakar, Pemilik Alami Kerugian Rp6 Miliar

Berdasarkan data yang dihimpun Radar Indramayu, Perumdam Tirta Darma Ayu mampu memberikan masukan PAD yang cukup signifikan setiap tahunnya. 

Pada tahun 2020 sebesar Rp. 1. 686.716.154, tahun 2021 sebesar Rp. 1. 713.927.914, tahun 2022 Rp. 3.353.105.445, dan tahun 2023 mencapai Rp. 3.720.779.185. 

Melihat perkembangan cukup pesat di tubuh Perumdam Tirta Darma Ayu, tentunya tak terlepas dari tangan dingin Pakde Air sapaan akrab Ady Setiawan, yang selama ini dikenal dekat dengan semua kalangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: