DKPP Optimalkan Sektor Pertanian Lewat Pelatihan Petani Muda di Indramayu

DKPP Optimalkan Sektor Pertanian Lewat Pelatihan Petani Muda di Indramayu

DORONG: DKPP Kabupaten Indramayu memberikan bantuan benih cabai kepada petani cabai di Kabupaten Indramayu seusai ikuti acara pelatihan budidaya cabai, kemarin.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Untuk mengoptimalkan potensi pertanian di Kabupaten Indramayu baik itu tanaman pangan, hortikultura, dan peternakan di Kabupaten Indramayu Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Indramayu gelar pelatihan bagi petani muda di Kabupaten Indranayu.

DKPP Kabupaten Indramayu telah menyiapkan sebanyak 1.000 petani muda, mereka dilatih bidang pertanian dan peternakan sesuai minat mereka. Bahkan saat ini telah sudah memasuki pelatihan bagi angkatan 15 petani muda.

Kepala DKPP Kabupaten Indramayu Drs H Sugeng Heryanto MSi mengatakan DKPP ditahun sekarang memiliki berbagai program untuk mencetak SDM sektor pertanian di Kabupaten Indramayu, mulai dari Pertanian Masuk Sekolah (PMS), sampai dengan melatih 1.000 petani muda di Kabupaten Indramayu.

"PMS sudah berjalan bekerjasama dengan sekolah-sekolah, dan Kwarcab. Sedangkan petani muda yang dibuka secara langsung oleh ibu Bupati Nina, sekarang sudah memasuki angkatan 15 dari 20 angkatan," ujarnya, kemarin.

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Sesuaikan Harga Pertamax, Tetap Paling Terjangkau

Setiap angkatan jumlah tergantung minat dari peserta mulai dari komuditas tanaman pangan, komuditas hortikultura, sampai dengan komuditas peternakan, yang jumlah peserta setiap angkatannya bervariasi mulai dari 30 sampai dengan 50 orang.

Sugeng mengungkapkan langkah itu merupakan upaya dari DKPP Kabupaten Indramayu untuk meningkatkan SDM petani di Kabupaten Indramayu, bisa regenerasi petani di Kabupaten Indramayu.

"Tahun ini kita targetkan 1.000 petani muda, mereka tidak saja dilatih sebatas budidaya kota berikan bagaimana pemasarannya kemudian bagaimana permodalan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang  Kepala Bidang Hortikultura, Perkebunan dan Penyuluhan DKPP Kabupaten Indramayu Ikhwan Farkhani mengatakan untuk menunjang keberlangsungan program mencetak 1.000 petani muda Indramayu, DKPP Kabupaten Indramayu telah membuat kebijakan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang berada di setiap kecamatan-kecamatan.

BACA JUGA:Asyikk! KAI Berikan Tiket Promo Cuma Bayar 79 Persen hingga Potongan Harga 50 Persen 16 s/d 18 Agustus 2024

Mereka bisa memanfaatkan lahan yang berada di BPP oleh petani muda dengan berkolaborasi dengan penyuluh pertanian, sehingga bagi petani muda yang tidak memiliki tanah dapat menggunakan tanah darat yang ada di BPP untuk bertani.

"Kita terus dorong sektor pertanian di Kabupaten Indramayu, untuk angkatan 15 ini kami beri latihan budidaya cabai, silahkan teman-teman bagi petani muda bisa bersinergi atau berkolaborasi dengan kita," tuturnya. (oni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: