Pj Wali Kota Optimis Kota Cirebon Capai 10 Besar dalam Ajang MTQ ke-38 Provinsi Jawa Barat

 Pj Wali Kota Optimis Kota Cirebon Capai 10 Besar dalam Ajang MTQ ke-38 Provinsi Jawa Barat

Dukung Kafilah Terbaik, Pj Wali Kota Optimis Kota Cirebon Capai 10 Besar dalam Ajang MTQ ke-38 Provinsi Jawa Barat-ist-RADAR INDRAMAYU

BEKASI, RADARINDRAMAYU.ID - 50 kafilah terbaik mewakili kontingen Kota Cirebon pada penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang dijadwalkan 27 April-5 Mei 2024.

Pada Minggu (28/4/2024) pagi, sudah dilangsungkan pawai taaruf dengan menampilkan berbagai keunikan seni budaya daerahnya masing-masing. Para peserta mengelilingi danau sepanjang 2,2 kilometer yang disambut meriah oleh para pendukung dari masing-masing kafilah.

Gelaran secara resmi dibuka oleh Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, berlangsung di Plaza Pemerintah Kabupaten Bekasi, Minggu (28/4/2024) malam. Sebelumnya pawai defile kontingen dari para kafilah dan official 27 Kabupaten dan Kota se Provinsi Jawa Barat.

Untuk mendukung para kafilah, Pj Wali Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi, Pj Sekda Kota Cirebon, Mohammad Arief Kurniawan ST, para kepala perangkat daerah, camat hingga lurah hadir.

BACA JUGA:Indonesia vs Uzbekistan: Ingin Lebih dari Lolos

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengungkapkan rasa syukurnya bisa menghadiri langsung perlombaan yang menurutnya sangat bermanfaat untuk masyarakat. Dengan berkumpulnya putra putri daerah Jawa Barat pada perlombaan MTQ ini, Bey berharap persatuan dan kesatuan umat makin erat. "Tentu kita yakin bahwa MTQ juga akan berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat," kata Bey.

Bey menambahkan, perlombaan MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat yang rutin digelar diharapkan bisa memotivasi masyarakat untuk menerapkan sikap islami dalam kehidupan sehari-hari. "Yang paling penting adalah dengan adanya MTQ ini. Tadi juga banyak masyarakat yang hadir, bagaimana menerapkan sikap-sikap islami dalam kehidupan kita bersama, ini juga sudah tercermin dalam kehidupan kita sehari-hari," tutup Bey.

Sementara itu, Pj Wali Kota Cirebon optimis para kafilah dapat meraih prestasi yang terbaik. Pemda Kota Cirebon menargetkan kontingen Kota Cirebon masuk 10 besar.

“Persiapan untuk MTQ kali ini telah kita lakukan sebaik mungkin. Pembinaan yang serius dan terprogram sudah diberikan, tinggal penerapan strategi yang tepat dalam pelaksanaan kejuaraan. Insya Allah dengan proses dan ikhtiar yang maksimal, kita optimis target 10 besar bisa tercapai, mohon doa juga dari seluruh masyarakat Kota Cirebon," ujarnya.

BACA JUGA:Suhendrik Gabung Gemas, Bertemu Tokoh Cirebon di Masjid Attaqwa

Sebagai motivasi, Pj Wali Kota menyampaikan bahwa akan ada reward bagi kafilah yang mendapatkan juara. "Setiap prestasi yang didapat pasti kita sudah siapkan reward, kita akan beri minimal sama seperti tahun sebelumnya," tuturnya.

Ketua Harian LPTQ Kota Cirebon, Dr H Ahmad Yani MAg mengatakan, kontingen Kota Cirebon yang diberangkatkan untuk mengikuti MTQ ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Barat yakni sebanyak 80 orang. Terdiri dari 50 peserta, sisanya pembina, pendamping dan official.

Ada 8 cabang yang diikuti para kafilah Kota Cirebon, diantaranya, Tartil Al-Qur'an, Tilawah Al-Qur'an, Qiraat Al-Qur'an, Hafalan Al-Qur'an, Syarhil Al-Qur'an, Fahmil Al-Qur'an, Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an, Tafsir Al-Qur'an, dan Seni Kaligrafi Al-Qur'an.

"Tahun sebelumnya kita sudah ada di peringkat menengah, semoga tahun ini naik di peringkat atas dan target 10 besar tercapai," harapnya. 

BACA JUGA:Baru Dua Calon Bupati Kembalikan Formulir, Lucky Hakim Maju Lewat PKB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: