Indonesia vs Uzbekistan: Ingin Lebih dari Lolos

Indonesia vs Uzbekistan: Ingin Lebih dari Lolos

Timnas Indonesia bersiap melawan Uzbekistan. -dok pssi.-RADAR INDRAMAYU

DOHA, RADARINDRAMAYU.ID - Saatnya Indonesia juara! Begitu harapan masyarakat kepada timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 tahun 2024.

Gelar juara itu semakin dekat jika Indonesia berhasil menang melawan Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U-23, Senin malam WIB (29/4/2024).

Duel tersebut berlangsung di venue yang selalu membuat Indonesia menang, yakni Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar, bisa disaksikan melalui siaran langsung RCTI pukul 21.00 WIB.

Laga ini sangat krusial bagi Indonesia. Tidak hanya lolos final jika menang, tapi juga lolos otomatis menuju Olimpiade Paris 2024. Untuk itu, laga malam nanti harus dimenangkan Indonesia agar satu beban, yakni tiket Olimpiade, tidak dipikirkan lagi di final nanti.

BACA JUGA:Baru Dua Calon Bupati Kembalikan Formulir, Lucky Hakim Maju Lewat PKB

Dalam perjalanannya, Indonesia melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dengan menumbangkan Korea Selatan pada perempat final. Bermain di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Indonesia menang lewat adu tendangan penalti dengan skor 11-10. Sebelumnya kedua tim bermain imbang dengan skor 2-2 pada waktu normal dan extra time.

Adapun untuk Uzbekistan, melaju ke semifinal usai menumbangkan Arab Saudi. Bermain di Stadion Internasional Khalifa, Al Rayyan, Jumat (26/4), Uzbekistan menang dengan skor 2-0 atas Arab Saudi pada babak perempat final.

Berkaca pada perjalanan kedua tim selama Piala Asia U-23, laga malam nanti dipastikan berjalan alot. Seperti Korea Selatan, Uzbekistan adalah juara Grup D. Uzbekistan tentu ingin kembali menjadi juara Piala Asia U-23 seperti tahun 2018 lalu.

Selain itu, menang lawan Arab Saudi yang notabene merupakan juara bertahan, tentunya menambah kepercayaan diri Uzbekistan. Namun, Indonesia yang merupakan tim baru Piala Asia U-23, tidak bisa diremehkan. Di penampilan perdananya tersebut, Indonesia telah berhasil memastikan diri masuk ke babak semifinal. Indonesia juga akan bermain total dan menjalani laga yang ketat untuk membuktikan dominasinya di Piala Asia U-23 2024.

BACA JUGA:Sambut Hari Kartini, Bupati Nina Senam Bersama Ribuan Masyarakat dan ASN

Duel Indonesia vs Uzbekistan ini bisa menjadi kesempatan bagi pasukan Shin Tae-yong untuk mengakhiri rekor pertemuan yang selama ini dihiasi catatan buruk. Kedua tim setidaknya telah bertemu sebanyak enam kali, baik melalui kelompok umur ataupun di level timnas senior. Keduanya pernah bertemu di babak 16 besar Asian Games 2022 lalu, di mana kala itu yang bermain merupakan Timnas U-24, Indonesia kalah 2-0 dari Uzbekistan.

Kekalahan itu begitu pahit. Selama 90 menit sebenarnya Indonesia mampu menahan imbang Uzbekistan. Namun di babak extra time Uzbekistan berhasil mencuri dua gol.
Di level yang lebih junior lagi, Indonesia dan Uzbekistan juga pernah bertemu yakni di Piala Asia U-20

2023. Kala itu, kedua tim bermain imbang 0-0 di laga pamungkas fase grup. Teranyar, Timnas U20 kedua tim juga bertemu pada bulan Januari lalu, di mana duel tersebut dimenangkan Uzbekistan dengan kemenangan tipis 2-3.

Adapun untuk Timnas U-23, skuad kedua tim juga pernah bertemu pada laga persahabatan pada 2018 silam, dengan hasil akhir 0-0. Sedangkan di level senior, Indonesia pernah bersua Uzbekistan pada ronde pertama Kualifikasi Piala Dunia 1998 Zona Asia. Saat itu, Indonesia dan Uzbekistan masuk Grup 5. Selain Indonesia dan Uzbekistan, dua tim lain yang menghuni Grup 5 adalah Yaman dan Kamboja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: