Ada WFH, ASN Boleh Tunda Kembali Masuk Kantor, Berlaku 16 - 17 April

Ada WFH, ASN Boleh Tunda Kembali Masuk Kantor, Berlaku 16 - 17 April

ASN boleh melaksanakan WFH dan menunda arus balik lebaran 2024. Menpan RB Abdullah Azwar Anas.-Kemenpan RB-radarindramayu.id

BACA JUGA:Kepanikan di Kota Tel Aviv saat Roket dan Drone Iran Serang Israel

Anas memaparkan, pemerintah sebelumnya teIah menetapkan libur dan cuti bersama Lebaran 2024 (Idul Fitri 1445 H) sebanyak 6 hari. Ditambah dengan libur akhir pekan yang sebanyak 4 hari, maka total mencapai 10 hari.

“Dengan antusiasme mudik yang luar biasa besar, karena ditopang aksesibilitas yang semakin baik di berbagai penjuru Tanah Air, dipandang perlu untuk melakukan penyesuaian kerja ASN sebagai bagian dari manajemen arus mudik. Sehingga arus balik bisa makin lancar, tidak ada penumpukan yang menimbulkan kemacetan panjang,” ujar Anas.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Polri dan Kementerian Perhubungan terkait kebijakan pengaturan WFH dan WFO tersebut. “Terima kasih atas masukan dari Polri dan Kementerian Perhubungan,” ujarnya.

Menteri Anas mengimbau agar seluruh instansi pemerintah melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap pemenuhan dan pencapaian sasaran dan target kinerja organisasi. “Jangan sampai libur Lebaran mengganggu target kinerja dan kualitas pelayanan,” ujar Anas.

BACA JUGA:Duh Kok Bisa? Pemudik Jatuh ke Celah Jembatan Tol Cipali Km 127 Indramayu

Ia meminta instansi pemerintah untuk membuka media konsultasi maupun pengaduan, termasuk untuk pelayanan selama libur Lebaran. "Sehingga tercipta kontrol yang baik dari publik terhadap layanan pemerintah,” terangnya.

“Publik juga bisa menyampaikan pengaduan ke portal Lapor atau Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat bila menemukan pelayanan publik yang kurang optimal, termasuk selama musim libur Lebaran," tandas Menteri Anas.

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi menyambut baik keputusan untuk menerapkan WFH bagi ASN. Menhub mengatakan pada arus mudik, saat puncak tanggal 6-7 April 2024, beberapa ruas jalan tol sangat padat.

Bahkan volume to capacity ratio atau VC Ratio hampir mencapai 1, yang artinya kecepatan kendaraan sangat lambat, bahkan hampir berhenti, meskipun sudah dilakukan rekayasa lalu lintas.

BACA JUGA:4 Resep Jus Diet Detox yang Bisa Dicoba untuk Mengeluarkan Racun di Dalam Tubuh

Karena itu, Menhub berharap keputusan penerapan WFH dapat dimanfaatkan masyarakat khususnya ASN untuk tidak kembali secara bersamaan pada tanggal 14 dan 15 April 2024. Para ASN dapat kembali pada tanggal 16 atau 17 April atau bahkan sebelum puncak arus balik.

“Sudah ada keputusan dari Menteri PANRB bahwa akan ada WFH dua hari (16 dan 17 April). Silakan ASN dapat memanfaatkan dengan menunda balik karena masih ada waktu. Namun pastikan bahwa Kamis dan Jumat sudah masuk seperti biasa, sehingga tidak menggangu pekerjaan," terang Menhub, dikutip dari laman resmi Kemenhub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: