Habis Pemilu Terbitlah Pilkada, 6 Bulan Lagi Pendaftaran Pasangan Calon

Habis Pemilu Terbitlah Pilkada, 6 Bulan Lagi Pendaftaran Pasangan Calon

Ilustrasi Pilkada Serentak 2024-dok-RADAR INDRAMAYU

BACA JUGA:KH Syaerozi Bilal Lepas 40 Jamaah Umrah Bulan Syaban

Untuk anggaran pilkada khusus gubernur, meskipun pelaksanaannya serentak, Andar mengatakan ada sharing anggaran untuk pemilihan gubernur. Namun, jumlah pastinya belum ada. “Dana sharing belum cair. Kemungkinan di angka Rp30 miliaran, karena Jabar menyiapkan Rp1,1 triliun untuk 27 kota/kabupaten di Jabar," tandasnya.

PARPOL DI CIREBON MULAI BIDIK PILKADA
Sementara itu, parpol yang diprediksi meraih suara signifikan pada Pemilu 2024 mulai bicara soal peluang Pilkada November 2024. PDIP Kabupaten Cirebon misalnya, optimistis punya tiket sendiri. Sejauh ini, dari hasil penghitungan sementara suara Pemilu 2024, PDIP masih di posisi teratas.

Bendahara DPC PDIP Kabupaten Cirebon Rudiana SE mengatakan hasil Pemilu 2024 ini membawa partainya berpeluang merebut kursi Ketua DPRD Kabupaten Cirebon yang saat ini diduduki oleh PKB.

Hasil perolehan kursi parlemen sementara Pemilu 2024, PDIP Kabupaten Cirebon disebut-sebut sudah 12 kursi. “Target kita 14 kursi. Optimis bisa diraih. Tidak menutup kemungkinan ada dua dapil yang mendapat tiga kursi, yakni Dapil IV dan V. Karena perolehan suara sudah di angka 40 ribu lebih (Dapil IV dan V, red)," kata Rudiana di ruang Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Cirebon, Selasa 20 Februari 2024.

BACA JUGA:Amanda Ingin Terapkan Pengelolahan Sampah Sanur Kauh di Jabar

Dari hitungan sementara itu juga, sudah dipastikan bahwa dalam Pilkada Kabupaten Cirebon, PDIP bisa mengusung calon kepala daerah sendiri tanpa harus berkoalisi dengan partai lainnya. “Kita diuntungkan ketika hasil Pemilu 2024 dijadikan acuan untuk modal satu paket di pilkada nanti," kata Rudiana kepada Radar Cirebon.

Sementara itu, di Kota Cirebon, ada kejutan dari Partai Golkar yang diprediksi mampu mengamankan enam kursi untuk diduduki kadernya di DPRD Kota Cirebon periode 2024-2029.

Jika capaian 6 kursi tersebut tak mengalami perubahan (tidak berkurang), hal itu membuat Golkar menjadi peraih kursi terbanyak di Griya Sawala. Sehingga, kursi Ketua DPRD Kota Cirebon periode mendatang diisi oleh kader Beringin.

Dengan perolehan kursi terbanyak hasil Pileg 2024 ini, Golkar percaya diri mengusung kader internal di Pilwalkot Cirebon nanti. “Jelas ini menjadi suntikan semangat dan menambah kepercayaan diri kita menghadapi pilwalkot,” kata Ketua DPD Golkar Kota Cirebon Andrie Sulistio.

BACA JUGA:Heboh Test Drive Mobil JIMNY 5-DOOR dan HYBRID SUZUKI di IIMS 2024 Berhadiah Logam Mulia

Ia pun meminta agar kader-kader Golkar tidak terlalu berlarut-larut atau terlena dalam euforia kemenangan pileg ini. Andrie mengatakan hajat politik partai di tahun ini masih tersisa satu momen lagi yakni pimilihan walikita dan wakil walikota. (sam/azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: