Pemcam Juntinyuat - Poktan Sejahtera Gencar Lakukan Gropyokan Basmi Hama Tikus

Pemcam Juntinyuat -  Poktan Sejahtera Gencar Lakukan Gropyokan Basmi Hama Tikus

GOTONG ROYONG: Pemdes Juntinyuat bersama Muspika Juntinyuat gencar melakukan gropyokan hama tikus yang merusak tanaman padi, kemarin. -istimewa-RADAR INDRAMAYU

JUNTINYUAT, RADARINDRAMAYU.ID -Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Juntinyuat bersama Kelompok Tani Desa Juntinyuat melaksanakan kegiatan gropyokan hama tikus di Wilayah Kelompok Tani Sejahtera desa setempat, Selasa  (23/1).

Gropyokan hama tikus dipimpin oleh Kuwu Desa Juntinyuat Sunarto H Pandi didampingi anggota Babinsa Peltu H Sudiyono dan jajaran Muspika Kecamatan Juntinyuat. Mereka menyisir sejumlah sarang hama tikus yang selama ini merusak tanaman padi.

Kuwu Desa Juntinyuat Sunarto mengatakan, kegiatan gropyokan yang merupakan kearifan lokal tersebut bertujuan membasmi hama tikus yang dapat merusak tanaman padi para petani.

“Selain itu, gropyokan juga dapat menumbuhkan rasa gotong royong antar para petani dan dapat menjalin silaturahmi,” jelas Kuwu Sunarto kepada Radar Indramayu, kemarin.

BACA JUGA:Bupati Nina Raih Penghargaan Sebagai Tokoh Penggerak Donor Darah

Menurutnya, gropyokan hama tikus tersebut memiliki dimensi moral yang baik, karena pelaksanaanya tidak dapat dilakukan secara individu. Sehingga, lanjut Sunarto, gaya hidup gotong royong dan tolong menolong tergambar dalam metode pemberantasan hama tikus tersebut.

“Menurut saya, kegiatan gropyokan ini memiliki dimensi moral yang sangat baik, karena gropyokan tidak bisa dilakukan perorangan, sehingga terlihat sekali gaya hidup gotong royong yang dilakukan masyarakat di Desa Juntinyuat,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, kegiatan gropyokan ini menjadi salah satu metode untuk mengendalikan hama tikus di persawahan. Sunarto berharap, dengan gropyokan tersebut hasil panen padi dapat meningkat. Selain itu, juga menghindarkan hasil panen padi dari penyakit yang dibawa hama tikus.

“Dengan metode gropyokan ini, Insya Allah produktivitas padi menjadi meningkat. Karena hama tikus yang menjadi musuh utama petani berangsur menurun, serta dapat menghindarkan penyakit yang dibawa tikus pada hasil padi,” katanya.

BACA JUGA: Musim Hujan, Jalan Sindanglaut-Pabuaran Rusak Makin Parah

Dengan gencarnya pelaksanaan gropyokan ini, Sunarto berharap, dapat meningkatkan produksi padi yang baik di Kabupaten Indramayu sehingga mendukung terwujudnya Indramayu Bermartabat. (dun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: