Pupuk Subsidi  Andalan Petani Indramayu untuk Jaga Stok Pangan Nasional

Pupuk Subsidi  Andalan Petani Indramayu untuk Jaga Stok Pangan Nasional

DISTRIBUSIKAN: Para pekerja sedang melakukan aktifitas bongkar muat pendistrian pupuk subsidi di Gudang Pupuk  Lini III Indramayu. -Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

BACA JUGA:Kirim Bantuan Kemanusiaan, Presiden Jokowi: Indonesia akan Terus Bersama Perjuangan Bangsa Palestina

Bahkan untuk memenuhi kebutuhan pupuk bersubsidi bagi petani di Kabupaten Indramayu, ditahun 2023 ini pemerintah telah mengalokasikan sebanyak 113.937 ton yang  terdiri dari Urea dan NPK.

Sebelumnya Manajer Penjualan Jabar 1 Departemen Penjualan Wilayah 3A PT Pupuk Indonesia (Persero), Fajar Ahmad  menyebutkan dalam upaya pemenuhan pupuk bersubsidi bagi petani Pupuk Indonesia melalui Pupuk Kujang dan Petrokimia Gresik terus berupaya menjaga ketersediaan agar stok pupuk bersubsidi bagi petani terpenuhi, khususnya bagi petani Indramayu yang menjadi lumbung pangan nasional.

"Berdasarkan data bulan Juli 2023, Pupuk Kujang telah menyiapkan pupuk urea sebanyak 7.903 ton, sementara Petrokimia Gresik menyiapkan NPK sebanyak 4.944 ton, yang semua siaga di Gudang Lini Tiga Indramayu," ujarnya.

Sementara itu, AVP Program dan Komunikasi PSO Wilayah Barat Pupuk Indonesia Drikarsa menyebutkan  di Jawa Barat, secara total, stok pupuk mencapai 96.443  Ton, terdiri dari urea sebanyak 69.169 ton dan pupuk NPK mencapai 27.274 ton.

BACA JUGA:1.657 Calon P3K Ikrar Bersama, Siap Tegak Lurus ke Bupati Nina

Sebagai produsen pupuk Pupuk Indonesia melalui Pupuk Kujang  punya tanggung jawab dalam mendistribusikan pupuk subsidi di Jawa Barat, dan wajib penuhi alokasi pupuk subsidi yang telah ditetapkan pemerintah untuk alokasi tahun 2023.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan nomor 4 tahun 2023. Dalam aturan itu BUMN pupuk dan anak perusahaannya wajib memenuhi kebutuhan pupuk subsidi yang ditetapkan pemerintah melalui SK Alokasi di setiap provinsi hingga kabupaten/ kota.

"Berdasarkan SK alokasi tahun 2023, Jawa Barat, pupuk subsidi sebanyak 942.508 ton, yang terdiri dari pupuk urea sebanyak 603.137 ton, NPK sebanyak 338.690 dan NPK Khusus sebanyak 681 ton, Pupuk Indonesia melalui Pupuk Kujang dan Petrokimia Gresik akan pastikan kebutuhun pupuk subsidi petani terpenuhi," kata dia. (oni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: