Selain Jadi Lumbung Padi Nasional, Indramayu Juga Penghasil Produsen Mangga Terbesar Ketiga Tingkat Nasional

Selain Jadi Lumbung Padi Nasional, Indramayu Juga Penghasil Produsen Mangga Terbesar Ketiga Tingkat Nasional

POTENSI: Kabid Horti DKPP Kabupaten Indramayu Ikhwan Farkhani ST menunjukan berbagai varietas buah mangga unggulan Kabupaten Indramayu saat hari jadi, beberapa waktu lalu. -Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Selain menjadi lumbung padi nasional, Kabupaten Indramayu kini menjadi salah satu penghasil buah mangga terbesar di Indonesia.

Daerah yang berjuluk Kota Mangga ini, menempati posisi ketiga sebagai produsen terbesar secara nasional, setelah Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Majalengka.

Hal itu disampaikan Ikhwan Farkhani ST selaku Kepala Bidang Horti Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Indramayu kepada wartawan koran ini, kemarin.

Dijelaskan Ikhwan, ada beberapa jenis mangga yang menjadi unggulan Kabupaten Indramayu, diantaranya Mangga Gedong Gincu, Harum Manis, Manalagi, Cengkir, Gajah, dan Mangga Agrimania.

BACA JUGA:HUT ke-72 Ikatan Bidan Indonesia Meriah, Bupati Bangga dengan Bidan

BACA JUGA:Pentil Mudah Rontok, Produksi Mangga Alami Penurunan

“Produksi mangga kita setiap tahunnya mencapai 1,5 juta kuintal atau 150 ribu ton, itu berbagai varietas buah mangga,” ungkap Ikhwan.

Sehingga, dengan hasil produksi yang besar inilah, sambung Ikhwan, Kabupaten Indramayu sangat potensial dengan hasil buah mangga sebagai produk unggulan di sektor hortikultura.

Kemudian, lanjut Ikhwan, DKPP Kabupaten Indramayu juga melalui Bidang Horti sedang berupaya untuk mengenalkan buah mangga lokal yang klasik, yakni buah mangga yang masuk dalam mangga runcah, yang tidak memiliki nilai jual seperti Mangga Dodol, Danas, Kidang, dan Mangga Bapang.

“Semua hasil horti berbagai jenis buah mangga kita perkenalkan saat Hari Jadi Kabupaten Indramayu kemarin, termasuk buah yang baru dikembangkan oleh petani di wilayah Anjatan yaitu mangga jenis Garifta Merah yang unik karena bisa dikupas pakai tangan,” katanya.

BACA JUGA:Baliho Bergambar Anak Jokowi Bertebaran di Bumi Wiralodra, Setelah Gibran Kini Giliran Sang Adik

BACA JUGA:Kebahagiaan Besar Buat Nelayan Kecil, Bisa Melaut Gunakan LPG 3 Kg. Lebih Hemat Dibanding BBM!

Selain mangga, lanjut Ikhwan, buah pisang juga menjadi produk horti yang sangat berpotensi apabila dikembangkan dan dikelola secara baik oleh petani.

“Pisang juga sangat potensial, walaupun penanamannya hanya sebatas di pinggiran saluran irigas di sawah-sawah. Selain itu, Untuk produk horti lainnya seperti sayuran sudah masuk kepasar-pasar besar,” tukasnya.
(oni)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: