Warga Dadap Rela Antre Demi Mendapatkan Air Bersih dari Polres Indramayu

Warga Dadap Rela Antre Demi Mendapatkan Air Bersih dari Polres Indramayu

Warga di Desa Dadap, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu rela antre demi mendapatkan bantuan air bersih dari Polres Indramayu, Rabu 13 September 2023.-UTOYO PRIE ACHDI-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID -- Warga di Desa Dadap, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu rela antre demi mendapatkan bantuan air bersih dari Polres Indramayu, Rabu 13 September 2023.

Mereka selama ini memang mengeluhkan sulitnya memperoleh air bersih, sejak lebih dari sebulan terakhir. Ini terjadi karena sumur mereka mengering akibat musim kemarau panjang.

Salah seorang warga di Blok Lataramba, Desa Dadap, Tasmiri (30) mengatakan, air sumur yang menjadi andalannya untuk memperoleh pasokan air bersih, hanya menyisakan sedikit air yang bisa diambilnya pada pagi dan sore hari.

''Sumurnya kering, cuma sedikit airnya. Ngangsu (mengambil air dari dalam sumur) pagi dan sore. Mandi harus diirit-irit airnya,'' kata Tasmiri, saat ditemui sedang mengantri bantuan air bersih yang didistribusikan Polres Indramayu di Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat.

BACA JUGA:Jadwal Siaran Langsung BRI Liga 1 2023/2024 Pekan ke-12, Ada Persib vs Persikabo di Hari Sabtu

BACA JUGA:Rumah Lantai Dua Ludes Terbakar di Dukupuntang, Tidak Ada Korban Jiwa

Sedangkan untuk kebutuhan minum dan masak, Tasmiri mengaku membeli air galon kemasan isi ulang. Air galon yang dibelinya seharga Rp 7 ribu, digunakan untuk kebutuhan sekitar dua sampai tiga hari.

Hal senada diungkapkan warga lainnya, Erika (23). Dia mengatakan, air sumur yang menjadi andalannya juga mengering akibat musim kemarau.

''Sumurnya asat (mengering airnya),'' keluh Erika.

Erika pun mengandalkan air galon kemasan isi ulang untuk kebutuhan minum dan masak. Sedangkan kebutuhan mandi dan mencuci pakaian, diperoleh dari sumur yang menyisakan sedikit air.

BACA JUGA:Polres Indramayu Distribusikan Puluhan Ribu Liter Air Bersih

BACA JUGA:LAGI MUSIM, Sosialisasi Bacaleg Dompleng Pesta Hajatan

Tasmiri dan Erika pun mengaku sangat berterima kasih dengan adanya bantuan air bersih dari Polres Indramayu. Sama seperti warga lainnya, mereka langsung ikut mengantri dengan membawa berbagai tempat penampungan air.

Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar, mengatakan, kali ini pihaknya mendistribusikan bantuan air bersih sebanyak 50 ribu liter. Air bersih tersebut didistribusikan ke lima lokasi di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Juntinyuat, Krangkeng dan Karangampel. Salah satunya adalah Desa Dadap, Kecamatan Juntinyuat.

Tak hanya kali ini, lanjut Fahri, pihaknya sebelumnya juga sudah rutin mendistribusikan bantuan air bersih ke sejumlah daerah yang warganya mengalami kesulitan memperoleh air bersih.

''Sampai minggu lalu, kami dari Polres Indramayu sudah mendistribusikan 147 ribu liter air bersih kepada warga yang membutuhkan bantuan air bersih,'' terang Fahri, didampingi Kasat Lantas, AKP Bagus Yudo Setyawan.

BACA JUGA:Peringati HUT Ke-45, FKPPI Konsisten Pertahankan Keutuhan NKRI

BACA JUGA:Pemdaprov Jabar Lanjutkan Status Tanggap Darurat Bencana Kebakaran TPA Sarimukti

Selain mendistribusikan bantuan air bersih menggunakan mobil tangki, tambah Fahri, pihaknya juga menyiapkan sumur bor di dua desa. Yakni, Desa Pringgacala, Kecamatan Karangampel dan salah satu desa di Kecamatan Losarang.

''Saat ini sedang proses pengerjaan (pembuatan sumur bor). Karena kita lihat di dua desa itu warganya mengalami kesulitan air bersih,'' terang Fahri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: