Keren Nggak Nih! Gerakan Literasi Kabupaten Indramayu Menjadi Inspirasi Gerakan Literasi Nasional

Keren Nggak Nih! Gerakan Literasi Kabupaten Indramayu Menjadi Inspirasi Gerakan Literasi Nasional

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu Aan Hendrajana ketika menjadi narasumber pada Diklat ke-4 Program Tantangan Literasi Nusantara (Talenta) “Implementasi GLN” Tahun 2023-2024, di Indramayu Command Centre, Sabtu 22 Juli 2023.-Utoyo Prie Achdi-Radar indramayu

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID– Pemerintah Kabupaten Indramayu berkomitmen turut berkontribusi untuk menyukseskan program Implementasi Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang diprakarsai Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu Aan Hendrajana ketika menjadi narasumber pada Diklat ke-4 Program Tantangan Literasi Nusantara (Talenta) “Implementasi GLN” Tahun 2023-2024, di Indramayu Command Centre, Sabtu 22 Juli 2023.

Diklat ke-4 Program Talenta “Implementasi GLN” Tahun 2023-2024 ini dilaksanakan secara hybrid yang diikuti peserta dari kalangan pendidik SD, MI, SMP, SMA, MTS dan MA dengan jumlah 2.000 peserta dari Jabar dan Non Jabar seperti Jawa Tengah, Jawa Timur dan Aceh.

Sebagai narasumber Kepala DPA Kabupaten Indramayu Aan Hendrajana menyampaikan, seiring dengan kemajuan zaman perjalanan literasi dan perpustakaan di Kabupaten Indramayu telah melakukan berbagai inovasi yakni dengan pemanfaatan digitalisasi dalam meningkatkan mutu literasi dan minat baca di Kota Mangga.

BACA JUGA:Balap Liar di Karangampel Dibubarkan, 30 Sepeda Motor Diamankan

BACA JUGA:Berkat Aduan Masyarakat, 5 Gudang Miras di Indramayu Terbongkar

Salah satunya seperti Inovasi Pengembangan Perpustakaan Melalui Implementasi Program Gerbang Maca meliputi, Layanan Perpustakaan Umum, Layanan Internet Gratis Untuk Pemustaka, Pelibatan Masyarakat dan Kunjungan Pemustaka Usia Dini.

Disamping itu terdapat upaya Inovasi Pengembangan Perpustakaan Melalui Implementasi Program Gerbang Maca meliputi Perpustakaan Keliling (Pusling) ke Sekolah Terjauh, Budaya Membaca 15 Menit Sebelum Belajar, Sudut Baca dan Perpustakaan Terintegrasi.

Menurutnya upaya inovasi perpustakaan di Kota Mangga yang sudah memberikan dampak positif terhadap masyarakat adalah Program Pelibatan Masyarakat yang dimana menjadikan perpustakaan sebagai pusat literasi dan berkegiatan masyarakat, berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan harapan, masyarakat dapat meningkatkan kualitas hidupnya dan berujung peningkatan kesejahteraan rakyat.

BACA JUGA:Prediksi Pertandingan PSM Makasar vs Persib Bandung, Maung Bakal Sulit Menang

BACA JUGA:Utamakan Aspek Keamanan, RU VI Balongan Kerja Sama dengan Arhanud 14/PWY dan Lanal Cirebon

“Alhamdulillah Pelibatan Masyarakat dalam kegiatan perpustakaan ini merupakan upaya transformasi DPA Indramayu. Karena kita ketahui bahwa perpustakaan dulu hanya datang, membaca, meminjam buku terus pulang. Untuk itu sekarang sudah bertransformasi bagaimana masyarakat ini berkegiatan sebagai bekal untuk mencetak SDM yang unggul guna terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Diharapkannya dengan upaya program inovasi yang dilakukan DPA Kabupaten Indramayu yang menjadi kepedulian dan keinginan Bupati Indramayu Nina Agustina dapat meningkatkan Indeks Literasi Masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: