Jelang Bulan Haji, Marak Promosi Hewan Kurban Via Medsos, Pasca Panen Penjualan Diprediksi Meningkat

Jelang Bulan Haji, Marak Promosi Hewan Kurban Via Medsos, Pasca Panen Penjualan Diprediksi Meningkat

ORDER MENINGKAT – Permintaan hewan kurban mengalami peningkatan mendekati hari raya Idul Adha.-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

SUKRA, RADARINDRAMAYU.ID – Menjelang hari raya Idul Adha 1444 H, sejumlah peternak diwilayah barat Kabupaten Indramayu mulai mempromosikan hewan kurban. Tak perlu membuka lapak, mereka menawarkannya lewat media sosial (medsos).

Salah satunya Ito, peternak asal Kecamatan Sukra. Ia memiliki beragam hewan kurban mulai kambing, domba hingga sapi yang sudah siap jual. Harga hewan pun beragam tergantung jenis, ukuran dan beratnya.

Sejak awal bulan lalu, Ito mulai menawarkannya kepada konsumen via aplikasi di medsos. Seperti WhatsApp, Instagram maupun Facebook.

“Dulu hanya lewat SMS atau dari mulut ke mulut. Sekarang pakai medsos,” kata dia kepada Radar, kemarin.

BACA JUGA:Mahasiswi Indramayu Juara Putri Pendidikan Jawa Barat, Lolos ke Tingkat Nasional

BACA JUGA:STKIP NU Indramayu Dinilai Tim Akreditasi LAMDIK

Menurutnya, promosi penjualan daring atau online ini dinilai efektif.  Dirinya dengan mudah mengirimkan gambar, video dan juga teks. Termasuk bisa menyebarluaskan informasi bagi penerima untuk berbagi info kepada yang lain.

Para konsumen juga diuntungkan dengan penjualan daring itu karena mereka dapat mengetahui harga, informasi bobot berat hidup serta bisa melakukan penawaran.

Meski begitu, banyak pula konsumen yang datang langsung ke kandang. “Kalau sudah merasa tertarik, cocok dengan harganya, pelanggan pingin lihat langsung. Biasanya langsung kasih uang muka,” terangnya.

Ito optimis, meski mengalami kenaikan harga, penjualan hewan kurban pada musim lebaran haji tahun ini bakal meningkat tajam. Seiring usainya panen padi. Disamping semakin tingginya kesadaran umat muslin untuk menunaikan ibadah kurban.  "Kalau harga setiap tahun ada kenaikan, tapi masih wajar lah,” ucapnya.

BACA JUGA:Data BPS Sebut TPT Setiap Tahun Terjadi Penurunan

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Kolaborasi Program ARBORETUM The Gallery of Sukapura di Tasikmalaya

Senada disampaikan Oyib, pedagang hewan kurban. Promosi lewat medsos lebih efesien. Ia pun sudah mendatangkan hewan sapi dan kambing dari berbagai daerah di Indonesia.

Untuk hewan sapi, Oyib khusus mendatangkannya dari Bali, Madura, dan beberapa daerah sentra di Indonesia. “Kalau kambing kita dapat dari peternak lokal. Stok banyak,” ujarnya. (kho)

BACA JUGA:Tangani Dugaan Serangan Siber, BSI dan BSSN Perkuat Sinergi

BACA JUGA:Kemenag Perpanjang Pelunasan Haji 2023, Siap Tampung Tambahan Kuota

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: