Kemenag Perpanjang Pelunasan Haji 2023, Siap Tampung Tambahan Kuota

Kemenag Perpanjang Pelunasan Haji 2023,  Siap Tampung Tambahan Kuota

INGATKAN CJH: Kasi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Cirebon, Hj Rokhiyatun MPdI mengatakan bahwa, hingga batas akhir pelunasan Bipih, sudah ada 329 calon jamaah haji yang melakukan pelunasan.-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID - Kementerian Agama (Kemenag) kembali memperpanjang kesempatan bagi jamaah haji Indonesia untuk melunasi biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) 2023. Pelunasan bipih diperpanjang hingga 19 Mei 2023.

Diketahui, hingga batas akhir pelunasan Bipih pada 12 Mei lalu, ada lebih dari 9000 calon jamaah haji yang dijadwalkan melaksanakan ibadah haji tahun ini belum melakukan pelunasan. Kendati demikian, khusus untuk calon jamaah haji Kota Cirebon, pelunasan Bipih telah melebihi 100 persen.

Kasi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Cirebon, Hj Rokhiyatun MPdI mengatakan bahwa, hingga batas akhir pelunasan Bipih, sudah ada 329 calon jamaah haji yang melakukan pelunasan. Jumlah ini lebih besar daripada kuota jamaah haji Kota Cirebon yang mencapai 321 orang.

"Hingga penutupan, sudah ada 329 calon jamaah haji yang sudah lunas. 321 dari yang memang direncanakan berangkat tahun ini, dan sisanya dari calon jamaah haji cadangan," ungkapnya kepada Radar Cirebon.

BACA JUGA:Asyik! Mau Liburan ke Malaysia Hanya 2 Jam 15 Menit Lo dari Bandara Kertajati Majalengka

BACA JUGA:Perjalanan 32 Biksu dari Thailand Menuju Borobudur Istirahat di Mako Brimob Winong Cirebon

Menurut Rokhiyatun, dengan telah dilakukannya pelunasan bagi sejumlah calon jamaah haji cadangan, diharapkan kuota jamaah haji asal Kota Cirebon bisa bertambah. Hal ini seiring adanya penambahan terhadap kuota jamaah haji Indonesia sebesar 10 ribu lebih di detik akhir Jepang dimulainya rencana keberangkatan ke tanah Suci.

"Artinya, kalaupun ada penambahan kuota haji, kita sudah ready. Sudah siap segala sesuatunya," jelasnya.
Diketahui, untuk calon jamaah haji asal kota Cirebon, rencananya akan berangkat ke tanah suci pada tanggal 6 Juni 2023 mendatang. CJH asal Kota Cirebon masuk dalam gelombang 1 Kloter 9 keberangkatan dari Bandara Kertajati Majalengka.

Sebelumnya, Kemenag Kota Cirebon juga tengah mematangkan sejumlah persiapan demi menyambut musim haji 2023. Termasuk untuk kegiatan manasik haji. Manasik haji untuk calon jamaah haji asal Kota Cirebon sendiri, dimulai pada tanggal 12 Mei. Pembukaannya berlangsung di Gedung ICC IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

"Diharapkan, seluruh calon jamaah haji mengikuti tahapan, dengan kemenag. Supaya mematangkan persiapan ke tanah suci dan meluruskan niat kita lagi," ucap Rokhiyatun.

BACA JUGA:Jamaah Calon Haji Asal Indramayu Terbagi 6 Kloter. Tanggal 29 Mei Mulai Masuk Asrama

BACA JUGA:Ratusan Murid SD Ikuti FLS2N Tingkat Kabupaten Indramayu Tahun 2023

Kegiatan manasik haji tingkat Kemenag Kota Cirebon sendiri hanya berlangsung dua hari, yakni 12 dan 13 Mei 2023. Setelah itu, kegiatan manasik haji digelar di tingkat KUA pada 14 Mei hingga 20 mei 2023.

Rokhiyatun mengimbau kepada seluruh CJH Kota Cirebon untuk masuk dan tergabung dengan KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji). Hal ini dilakukan supaya para jamaah haji dapat terkoordinasi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: