Timnas Indonesia U-22 Luar Biasa. Hancurkan Thailand dan Raih Medali Emas SEA Games 2023

Timnas Indonesia U-22 Luar Biasa. Hancurkan Thailand dan Raih Medali Emas SEA Games 2023

Timnas INdonesia U-22 berhasil meraih medali emas SEA Games Kamboja 2023, usai mengalahkan Thailand 5-2-@pssi-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Acungan jempol dan apresiasi tinggi pantas diberikan kepada Timnas Indonesia U-22. Dengan semangat juang tinggi dan pantang menyerah, anak-anak asuhan Indra Sjafri akhrinya berhasil membawa Medali Emas cabang sepakbola putra, setelah 32 tahun lamanya gigit jari.

Dalam  pertandingan final yang berlangsung di Olympic Stadium Phnom Penh, Myanmar, Selasa 16 Mei 2023, Ramadan Sananta dkk sukses menghancurkan Thailand dengan skor meyakinkan 5-2.

Meski menang telak, tapi kemenangan ini tidak diperoleh dengan mudah. Apalagi lawan yang dihadapi Indonesia adalah Thailand, peraih 16 kali medali emas cabang sepakbola SEA Games.

Bahkan pertandingan harus dilanjutkan dengan babak tembahan waktu 2x15 menit, setelah Thailand mampu menyamakan skor 2-2 ketika kemenangan bagi Indonesia sudah di depan mata.

Tapi semangat pasukan Garuda Muda kali ini memang sangat luar biasa. Fisik dan mental mereka semakin baik. Bermain selama 120 menit mampu tampil sempurna.   

BACA JUGA:Sempat Terkendala Saat Pelunasan di BSI, 1786 Jamaah Calon Haji Siap Diberangkatkan

BACA JUGA:Rob Terjang Pesisir Pantura Eretan Ratusan Rumah Terendam, Dampak Fenomena Fase Bulan Perigee

Sejak babak pertama dimulai, Indonesia langsung mengambil inisiatif menyerang. Mereka sepertinya semakin percaya diri usai mengalahkan tim kuat lainnya, Vietnam, di babak semifinal.

Dimotori Marselino Ferdinan yang tak pernah lelah mengatur serangan, sejumlah peluang sempat tercipta meski belum membuahkan gol. Sementara Thailand yang berada dalam tekanan hanya mengandalkan serangan balik.

Indonesia akhirnya berhasil membuka kran gol pada menit ke-21. Pemain asal PSM Makasar, Ramadan Sananta berhasil menyundul bola dan masuk ke gawang Thailand. Gol ini berawal dari lemparan ke dalam yang dilakukan Alfeandra Dewangga.

Tertinggal satu gol membuat para pemain Thailand mulai berani menyerang. Sejumlah peluang tercipta meski belum mampu membuahkan gol balasan.

Justru Indonesia mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Lagi-lagi aktornya Ramadan Sananta. Mendapatkan umpan dari tendangan bebas jarak jauh yang dilakukan Rizky Ridho, dengan refleknya Sananta menyontek bola dan bola masuk ke gawang Thailand. Skor 2-0 berakhir hingga babak pertama usai.    

BACA JUGA:KPU Kabupaten Indramayu: 17 Parpol Penuhi Kuota Bacaleg 30 Persen Keterwakilan Perempuan

BACA JUGA:Warga Indramayu Sediakan Tempat Dan Mamin 32 Biksu

Thailand tampil agresif di awal babak kedua karena tertinggal dua gol. Tim Gajah Perang langsung tancap gas untuk memperkecil kedudukan.

Pada menit ke-51 Thailand mengancam melalui tembakan Suvannaseat, namun Ernando dengan sigap berhasil menepis bola itu sehingga gawang Indonesia tetap aman.

Usaha terus menerus Thailand itu akhirnya membuahkan hasil di menit ke-65. Berawal dari skema sepak pojok, bola berhasil disambar Anan Yongsangwal dengan tandukannya dan bola masuk ke gawang Indonesia. Kedudukan berubah menjadi 2-1.

Skor 2-1 bertahan hingga babak tambahan waktu. Di menit 90+8 pelatih dan offisal Indonesia sudah melakukan selebrasi setelah mendengar bunyi peluit, dan mengira pertandingan telah berakhir.

Mereka terkejut karena ternyata pertandingan masih berlanjut. Mirisnya di detik-detik terakhir justru gawan justru timnas Thailand berhasil mencetak gol penyama kedudukan.

Melalui skema tendangan bebas,  Yotsakon Burapham berhasil melewati adangan bek Indonesia dan menaklukkan Ernando. Skor 2-2 menutup babak kedua dan pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Suasana kembali tegang, karena kemenangan yang sudah di depan mata tiba-tiba hilang. Beruntung di babak tambahan waktu, Timnas Indonesia U-22 langsung tancap gas. Tidak lama berselang, Garuda Nusantara kembali unggul dengan skor 3-2 melalui gol Irfan Jauhari.

Usai gol tersebut, terjadi kericuhan di dekat bench Indonesia. Ada perkelahian yang melibatkan banyak pihak, sehingga aparat keamanan harus melerai kedua pihak. Wasit kemudian memberikan kartu merah kepada Rakyart, Komang, dua staff pelatih Thailand dan manajer timnas Indonesia, Sumardji.

Bertandingan kembali berlanjut. Namun apes bagi Thailand, karena harus bermain dengan sembilan pemain, setelah Jonathan Khemdee mendapatkan kartu kuning kedua.

Memasuki babak tambahan wakut kedua, Indonesia kembali tancap gas. Memanfaatkan keunggulan jumlah pemain, Garuda Nusantara menerjang pertahanan Thailand.

Baru dua menit berjalan, Indonesia berhasil unggul dengan skor 4-2. Menerima umpan Ilham Fahmi, Fajar menerima bola, mengontrolnya lalu melepaskan tembakan yang masuk ke gawang Thailand. Skor berubah menjadi 4-2 untuk keunggulan Indonesia.

Satu menit jelang bubaran, Timnas Indonesia kembali menambah keunggulan. melalui gol penutup pemain asal Persib, Beckham Putra.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: