Melatih Puasa Anak Mom! Tips Anak Agar Kuat Sampai Magrib

Melatih Puasa Anak Mom! Tips Anak Agar Kuat Sampai Magrib

Ilustrasi pixabay--

RADARINDRAMAYU.ID - Biasanya  di bulan Ramadan semua umat Islam menunaikan ibadah puasa, nah pada momen ini orang tua mulai mengajak dan mengajarkan si kecil untuk mencoba menjalankan ibadah puasa.

Orang tua mengajarkan puasa sejak dini dapat memberikan dampak positif bagi anak di masa depan. Bila sudah memiliki kewajiban untuk berpuasa, mereka pun tidak akan merasa keberatan karena telah terlatih dan dan memiliki kesiapan penuh.

Sebaiknya si kecil sudah diajarkan puasa ketika dirinya telah memasuki usia empat tahun. Namun, mengajarkan si kecil untuk berpuasa memang butuh kesabaran. Sebab, sering kali anak-anak kerap merasa kelaparan atau haus berlebih sehingga tidak kuat untuk menjalankan ibadah puasa seharian penuh.

Bagaimanakah cara agar si kecil bisa tetap sehat dan kuat ikut berpuasa sampai Magrib tiba? 

BACA JUGA:Seorang Pria Tewas Ditikam Temena Minum di Tanah Abang

BACA JUGA:662 Guru SMK Belajar Motor Listrik Bareng AHM

Berikut empat tipsnya, dilansir dari berbagai sumber.

1. Jaga Dehidrasi Si Kecil

Saat melaksanakan ibadah puasa merupakan hal yang biasa bagi orang dewasa. Namun, hal itu berbeda kalau dialami si kecil. Rasa haus yang dirasakan seringkali membuat mereka jadi lebih rewel sehingga berpotensi untuk membatalkan puasa.

Untuk itu, orang tua harus memperhatikan asupan air minum si kecil saat sahur dan berbuka. Hal tersebut bisa menjauhkan mereka dari dehidrasi akibat kekurangan minum.

Pastikan si kecil tidak terlalu banyak makan saat momen sahur tiba. Sebab, terlalu banyak makan bisa membuat mereka terlalu kenyang yang menjadikannya enggan untuk mengonsumsi air.

Maka untuk memastikan konsumsi air mineral dan makanan si kecil dalam jumlah yang ideal. Adapun formal mengonsumsi air minum yang ideal saat puasa, yakni 2 gelas saat berbuka, 4 gelas setelah berbuka sampai sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur.

BACA JUGA:Lanjutkan Penghijauan, Epson Indonesia Tanam 6000 Pohon dan Rehabilitasi Nangrove

BACA JUGA:PT KPI RU VI Balongan Sosialisasi Penetapan Daerah Terbatas Terlarang di Terminal Khusus Balongan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: