Melatih Puasa Anak Mom! Tips Anak Agar Kuat Sampai Magrib

Melatih Puasa Anak Mom! Tips Anak Agar Kuat Sampai Magrib

Ilustrasi pixabay--

2. Makanan yang Dihindari Saat Sahur dan Buka

Si kecil pastikan tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis, khususnya saat sahur agar mereka tetap sehat dan kuat dalam menjalankan ibadah puasa. Pasalnya, minuman manis saat sahur bisa membuat kadar gula jadi cepat turun sehingga rasa lapar sudah bisa menyerang saat pagi baru tiba.

Tidak hanya itu, pastikan si kecil memperoleh makanan dengan lengkap dan seimbang mulai dari karbohidrat, protein nabati, dan hewani. Lengkapi juga dengan sayur, buah-buahan, dan lainnya.

Selain itu  takaran makanan dan minuman yang perlu diperhatikan, menu yang dihadirkan untuk si kecil juga harus mendapatkan perhatian khusus. Pasalnya, ada sejumlah makanan yang berisiko justru mampu menghadirkan rasa haus berlebih setelah disantap, salah satunya gorengan.

Karena, minyak yang terdapat pada gorengan mampu memicu rasa haus berlebih. Oleh karena itu, disarankan jangan memberikan gorengan kepada si kecil saat momen santap sahur maupun saat berbuka puasa.

BACA JUGA:Luar Biasa, Camat Kedokan Bunder dan Kuwu Cangkingan Raih PWI Award 2023

BACA JUGA:PLN UP3 Cirebon Gelar Pasukan dan Peralatan

3.  Ajak Anak Beraktivitas atau Berolahraga

Selain asupan yang diperhatikan  ajaklah si kecil untuk tetap beraktivitas juga merupakan hal yang perlu dilakukan saat Ramadan.

Kegiatan tersebut tergolong efektif untuk mendorong agar si kecil kuat dan sehat ketika menjalankan ibadah puasa. Sebab, melakukan aktivitas bersama, seperti olahraga bisa membuat mereka tidak merasa bosan saat menunggu waktu berbuka.

Meskipun demikian, pastikan aktivitas yang dipilih merupakan olahraga yang tidak menguras banyak tenaga, seperti jalan santai, bersepeda, dan lainnya. Selain itu, dilakukan di waktu yang tepat, yakni menjelang berbuka puasa.

4. Penuhi Protein dan Nutrisi Lainnya

Salah satu hal terpenting bagi orang tua adalah memastikan kebutuhan karbohidrat dan protein si kecil terpenuhi, khususnya saat sahur dan berbuka. Berikan mereka makanan dan minuman yang mampu mencukupi kebutuhan karbohidrat dan protein.

BACA JUGA:Diprediksi Harga Daging Ayam dan Sapi Naik hingga Menjelang Lebaran di Pasar Tradisional

Ada sejumlah makanan yang mampu memenuhi kebutuhan protein dan nutrisi lainnya bagi si kecil saat Ramadan, seperti daging ayam, ikan, telur, sayuran, buah-buahan, nasi, kentang, hingga susu yang memiliki kandungan protein cukup tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: