Lagi, Bupati Nina Raih Penghargaan Kategori Dukcapil Hebat

Lagi, Bupati Nina Raih Penghargaan Kategori Dukcapil Hebat

Bupati Nina didamping Kepala Bappeda Iin (tehggah) menerima penghargaan dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik, Zudan Arif Fakrulloh--

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID  – Diawal tahun 2023,  prestasi Kembali ditorehkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu di bawah kepemimpinan Hj Nina Agustina SH MH CRA. Sederetan prestasi yang telah diraih itu bukan hal yang mudah, namun sebuah perjuangan panjang.

Karena tidak semua daerah, bisa memberikan program kerja yang bisa diterima oleh pemerintah pusat. Kali ini Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik, Zudan Arif Fakrulloh  memberikan Anugerah Dukcapi Hebat kepada Bupati yang diusung PDI Perjuangan. 

Penganugerahan diberikan dalam acara pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil tahun 2023. Bertempat di Novotel Manado Golf Resort and Convention Center, Rabu (8/2/2023).”Bupati Nina layak diberikan Anugerah Disdukcapi Hebat. Atas dukungan dan komitmen yang luar biasa dalam pelayanan administrasi kependudukan yang berkelanjutan kepada masyarakat,”jelas Zudan Arif Fakrulloh, kepada wartawan usai memberikan penghargaan. 

Zudan Arif menjelaskan, tidak semua kepala daerah mampu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Terutama dalam layanan cepat tentang administrasi kependudukan. 

BACA JUGA:PT BPR Indramayu Jabar (Perseroda) Jamin Simpanan Nasabah Aman, Rasio Kecukupan Modal Capai 13,82%

 Berbagai inovasi digagas oleh Bupati Nina melalui jajaran Disdukcapil Kabupaten Indramayu. Diantaranya adalah layanan administrasi kependudukan (adminduk) secara mobile yang hadir di berbagai kegiatan. Agar menjangkau masyarakat yang membutuhkan layanan adminduk.

“Hadirnya pelayanan secara mobile juga mendorong Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA). Hal ini merupakan sebuah gerakan nasional untuk meningkatkan kesadaran semua pihak (masyarakat, lembaga pengguna, dan pemerintah) akan pentingnya tertib adminduk,”jelasnya. 

Menurutnya, tak hanya sampai disitu, komitmen prima dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang berkelanjutan.  Juga terus direalisasikan dalam program Pelayanan Adminduk Cepat Terbatas (PATAS).

*Program PATAS sendiri merupakan program guna mendorong percepatan pelayanan administrasi kependudukan. Dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang tidak memungkinkan mendatangi tempat pembuatan dokumen kependudukan.

BACA JUGA:Terduga teroris ditangkap di Desa Kubang Talun

Dicontohkannya seperti penyandang disabilitas, lansia, masyarakat yang sakit, serta Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Sehingga, kata dia, masyarakat dapat memiliki dokumen kependudukan sesuai dengan perundang-undangan yang ada serta lebih tertib administrasi.”Yang jelas inovasi yang dilakukan Bu Nina itu sangat luar biasa,”tegasnya.

Secara terpisah Bupati Nina mengucap syukur atas capaian yang telah diraihnya. Dirinya juga mengatakan, penghargaan dan prestasi yang diraihnya ini dipersembahkan untuk seluruh masyarakat Indramayu.

“Alhamdulillah, prestasi yang didapat ini saya persembahkan untuk masyarakat Indramayu,”katanya. (dun) 

BACA JUGA:Anis Matta Lantik 4 DPW Baru Hasil Pemekaran di Papua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: