Eduwisata, Rumah Zakat Tegalurung Terima Kunjungan RA Sekolah Alam Indramayu

Eduwisata, Rumah Zakat Tegalurung Terima Kunjungan RA Sekolah Alam Indramayu

EDUWISATA: Relawan Inspirasi Rumah Zakat Desa Berdaya Tegalurung Lastri Mulyani memberikan pengetahui tentang jenis buah anggur yang dibudidayakan di kebun anggur kepada para siswa dan siswi RA Sekolah Alam Indramayu, Jumat (27/1)--

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID- Siapa sangka di usia senja tidak dapat berkreasi, dan berinovasi, ditangan Rumah Zakat melalui Relawan Inspirasinya di Desa Tegalurung membukti para lansia mampu berkreasi dan berinovasi melalui program-progran yang dijalankan, bahkan lewat program Desa Ramah Lansia dan Lansia Berdaya ini.

Mereka mampu berkarya dan hasil karya  tersebut mulai dikenal masyarakat lebih luas, dan mampu mengundang banyak instansi pemerintahan dan lembaga pendidikan untuk melihat secara langsung hasil mereka, bahkan dapat dikatakan Rumah Zakat Tegalurung ini menjadi pusat Eduwisata di Kabupaten Indramayu yang memperlihatkan karya lansia dalam mengembangkan berbagai program seperti Kebun Gizi Lansia, Kebun Anggur, dan Pembuatan Ecobrick. 

Seperti yang terlihat pada Jumat (27/1),  Rumah Zakat di Desa Tegalurung Kecamatan Balongan menerima kunjungan dari rombangan siswa dan siswi dari RA Sekolah Alam Indramayu secara antusias datang ke Rumah Zakat Tegalurung mereka belajar bagaimana menyemai hingga menanam bibit sayuran, yang ditanam di Kebun Gizi Lansia, yang dipandu Relawan Inspirasi Rumah Zakat dan lansia binaanya. mereka juga dikenalkan berbagai jenis buah anggur yang dikembangkan Rumah Zakat yang pemeliharaan dan pengelolaanya melibatkan lansia binaan.

Relawan Inspirasi Rumah Zakat Desa Berdaya Tegalurung, Lastri Mulyani mengatakan saat ini pihaknya terus mengembangkan berbagai kegiatan yang berfokus pada pemberdayaan para lansia, dan menjadikan Desa Tegalurung menjadi desa ramah lansia. Dimana setiap program yang dijalankan dikelolah oleh para lansia binaan. 

BACA JUGA:Lagi Asyik Malam Mingguan di Kamar Kost, 5 Pasangan Bukan Suami Istri Diamankan

"Semua kegiatan yang kita jalankan semuanya melibatkan lansia binaan kita, pemeliharaan kebun anggur, kebun gizi lansia," ujarnya.

Kemudian, Rumah Zakat Tegalurung juga membuka Eduwisata bagi sekolah-sekolah yang ingin melihat kebun gizi lansia dan kebun anggur, dan cara berkebun serta mengembangkan budidaya buah anggur.

"Alhamdulillah anak-anak dari RA Sekolah Alam Indramayu sangat antusias sekali mengikuti berbagai rangkaian kegiatan eduwisata, belajar tanam bibit sayuran dan dikenalkan berbagai jenis anggur impor dan lokal yang dikembangkan Rumah Zakat, anak-anak juga bisa mencicipi," paparnya. 

Sementara itu, Kepala RA Sekolah Alam Indramayu Thohiroh SPd mengatakan kegiatan kunjungan para siswa dan siswi ke Rumah Zakat di Desa Tegalurung adalah kegiatan outing class, hal itu diadakan setiap kali tutup tema pembelajaran.

BACA JUGA:Pertama di Indonesia, IHC RSPP Jadi Bagian Mayo Clinic Care Network

"Ini sesuai dengan tema pembelajaran itu pengenalan sayuran di Kabupaten Indramayu, tadi anak-anak belajar menanam sayuran di media tanam dan mengenal jenis buah anggur," ujarnya.

Thohiroh berharap dengan dikenalkanya secara langsung berbagai jenis sayuran di Kebun Gizi Lansia anak-anak bisa mengenal dan melihat jenis sayuran yang bernilai gizi untuk di konsumsi. "Dengan harapan apa yang telah dipelajari pada kegiatan outing class ini anak-anak jadi tahu jenis sayuran apa saja yang ada di Indramayu, plus bisa melihat langsung buah dan jenis anggur langsung dari pohonnya," tuturnya. 

BACA JUGA:Jabar Kick Off Pengendalian dan Penanggulangan PMK

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: