2.647 Calon Anggota PPS Ikuti Seleksi, Berebut 951 Posisi

2.647 Calon Anggota PPS Ikuti Seleksi, Berebut 951 Posisi

Calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 Kabupaten Indramayu mengikuti test CAT-utoyo prie achdi-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indramayu mulai  melakukan seleksi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024.

Ada sebanyak 2.647 peserta yang ikut bersaing. Mereka memperebutkan 951 posisi, karena untuk  1 desa/kelurahan akan ada 3 anggota PPS. Di Kabupaten Indramayu, ada 317 desa/kelurahan.

Seleksi dimulai dengan tes Compurer Assisted  Test (CAT) yang berlangsung  6-7 Januari, diikuti  2.647 peserta di tiga lokasi berbeda.

Yakni di Politeknik Negeri Indramayu (Polindra),  SMKN 1 Anjatan, dan SMK NU Kaplongan (Kampus Hijau)

 BACA JUGA:Jadwal Pelayanan SIM Keliling, Hari Ini Ada di Pasar Patrol. Simak Persyaratan yang Harus Dibawa

“Seleksi dibagi tidak titik untuk memudahkan peserta menjangkau lokasi, karena wilayah Indramayu ini sangat luas,” Ketua KPU Indramayu, Ahmad Toni Fatoni melalui Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Dewi Nurmalasari, Sabtu, 7 Januari 2023.

Dengan pembagian lokasi ini, peserta dari wilayah Indramayu Barat cukup datang ke SMKN 1 Anjatan. Kemudian dari wilayah tengah di Polindra, dan untuk wilayah Indramayu timur mengikuti seleksi di SMK NU Kaplongan.

Disamping itu, alasan lainnya karena jumlah peserta cukup banyak mencapai 2.647 orang yang tersebar di 317 desa/kelurahan se Kabupaten Indramayu.

“CAT merupakan upaya KPU dalam melaksanakan proses rekrutmen calon anggota PPS secara transparan dan akuntabel. Mudah-mudahan melalui proses transparan ini kita bisa menjaring penyelenggara pemilu di tingkat desa/kelurahan yang profesional, mandiri dan berintegritas,” harap Dewi.

BACA JUGA:Jelang Laga Timnas Indonesia vs Vietnam Malam Ini. Garuda Bisa!

BACA JUGA:Diskominfo Bantu Balita Stunting di Kecamatan Tukdana

Menariknya, hasil CAT  sudah bisa langsung dilihat setelah pelaksanaan tes itu selesai. Baik melalui monitor computer yang dihadapi maupun melalui papan pengumuman yang dipasang di lokasi pelaksanaan tes.

Sementara untuk peserta yang lolos akan diumumkan melalui website KPU Indramayu di indramayu.kpu.go.id.

Bagi peserta yang lolos CAT, selanjutnya akan mengikuti tahapan tes wawancara tanggal 15-17 Januari 2023. Pengumuman hasil seleksi tanggal 18-20 Januari, dan penetapan tanggal 20 Januari 2023.

Sebanyak 951 anggota PPS terpilih selanjutnya akan dilantik. Mereka akan bertugas di 317 desa/kelurahan atau 3 anggota PPS  untuk masing-masing desa/kelurahan.

“Pelantikan anggota PPS direncanakan tanggal 24 Januari 2023,” kata Dewi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: