Jaga Ketahanan Pangan dan Pemulihan Ekonomi Petani Pasca Pandemi

Jaga Ketahanan Pangan  dan Pemulihan Ekonomi Petani Pasca Pandemi

RAKOR PERTANIAN –Camat Edy Wahyono saat memimpin rakor pertanian, kemarin. Salah satu poinnya imbauan kepada para petani agar segera melaksanakan percepatan musim tanam rendeng. --

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID -Petani di wilayah pantura Kecamatan Lohbener diimbau untuk mempercepat tanam rendeng.

Imbauan ini disampaikan Pemerintah Kecamatan Lohbener bersama stake holder pertanian setempat. Menyasar kelompok tani, gabungan kelompok tani, pemilik traktor dan Kuwu.

Bersamaan dengan pelaksanaan rapat percepatan musim tanam 2022/2023 yang digelar secara maraton di 12 desa se-Kecamatan Lohbener. Acara juga diisi dengan penyuluhan pertanian oleh pengamat pengairan, POPT, PPL, UPT PKPP dan KTNA.

Camat Lohbener, Drs H Edy Wahyono menjelaskan, percepatan musim tanam harus segera dilaksanakan seiring semakin dekatnya penyelesaian pembangunan saluran air irigasi oleh Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung (BBWS Cimancis).

BACA JUGA:24 Pelajar Digunduli Biar Kapok tidak Tawuran Lagi

Jadwal pelaksanaan percepatan musim tanam di wilayah Kecamatan Lohbener ditetapkan mulai pertengahan bulan ini tepatnya 15 Desember 2022.

“Kami terus mendorong supaya petani segera turun ke sawah melakukan percepatan musim tanam sesuai jadwal. Jangan ditunda-tunda lagi,” katanya, Kamis (8/12).

Dalam kesempatan itu pula, ia meminta para kelompok tani bisa merawat dan menjaga saluran air yang sudah dibangun pemerintah.  Agar tetap bersih dari sampah rumah tangga yang bisa menghambat distribusi air ke areal persawahan.

Mantan sekretaris Camat Gantar dan Bongas ini menjelaskan, program percepatan musim tanam rendeng ini diharapkan dapat menjaga ketahanan pangan sekaligus percepatan pemulihan ekonomi masyarakat petani usai dihantam badai pandemi Covid-19.

Hal inipun, katanya, sesuai intruksi Bupati Indramayu agar petani diberi motivasi untuk segera mempercepat musim tanam padi demi mendukung penguatan pangan daerah dan nasional.

BACA JUGA:Dianggap Pelajar Sadis, Bacok Montir Pakai Celurit Akhirnya Ditangkap Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: