Tips Menjaga Kesehatan Jemaah Haji di Tanah Suci, Pastikan Banyak Minum Air Putih!

Tips Menjaga Kesehatan Jemaah Haji di Tanah Suci, Pastikan Banyak Minum Air Putih!

Radarindramayu.id, JAKARTA - Tips menjaga kesehatan jamaah haji harus dilakukan. Jamaah harus bisa menjaga kesehatannya selama menjalankan ibadah di Tanah Suci. Dengan sehat, jamaah akan lancar dalan ibadahnya.

Terlebih, pada ibadah haji 2022 ini, kondisi Arab Saudi diperkirakan akan cukup panas. Bahkan, suhu diramalkan berpotensi menembus 50 derajat celcius.

Selain itu, jamaah juga masih harus berhati-hati akan virus Covid-19 walau sudah ada pelonggaran di Arab Saudi sendiri.

Berikut ini tips yang berguna bagi jamaah untuk menjaga kesehatannya, seperti dihimpun Okezone dari berbagai sumber:

BACA JUGA:XL Terus Perkuat dan Perluas Infrastruktur Fiber Optik

1. Pastikan kebutuhan air putih Anda terpenuhi setiap hari dan jauhkan tubuh dari kemungkinan dehidrasi. Karenanya, jangan lewatkan kebutuhan minimal air putih delapan gelas per hari.

2. Bawalah sajadah pribadi Anda. Menggunakan sajadah milik sendiri mencegah penyebaran virus dari orang ke orang. Hal ini mengingat, ratusan ribu muslim sedunia berkumpul di tempat sama sehingga memperbesar kemungkinan penyebaran virus, kuman dan penyakit.

3. Sedia selalu tisu antibakteri. Menjaga tangan Anda tetap steril juga bagian yang penting dalam menjaga tubuh agar tetap fit dan terhindar dari penyebaran kuman.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Peternak Kambing Kebanjiran Order

4. Untuk menambah energi, minum madu secukupnya. Madu alami penuh dengan nutrisi yang membantu Anda tetap bugar bertenaga. Tak hanya itu, madu juga berfungsi sebagai antimikroba alami.

5. Selalu pakai masker. Ingat selalu bahwa mikroba di udara dapat dengan mudah menyebar. Mengenakan Masker yang menutupi hidung dan mulut dapat menurunkan risiko infeksi langsung.

6. Selain mengonsumsi madu, disarankan pula menambahakan minyak oregano dalam kudapan Anda. Mengonsumsi minyak oregano dua hingga tiga tetes per hari akan mensterilkan dan melindungi tubuh dari masuknya mikroba yang masuk langsung ke dalam sistem pernapasan.

7. Hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau minuman bersoda karena dengan mengonsumsi minuman tersebut akan memperberat dehidrasi.

BACA JUGA:Latih Emak-Emak dalam Pembuatan Keripik Jamur Tiram

8. Jaga asupan makanan. Buang jauh-jauh perasaan tidak suka dengan rasa makanan ketika di Tanah Suci. Lagipula, tidak sulit mencari rumah makan Indonesia dengan selera Indonesia di sekitar Masjid Nabawi atau penginapan. Selain itu, makanan yang disediakan untuk jamaah Indonesia biasanya telah disesuaikan dengan rasa lidah jamaah Indonesia.

9. Jamaah haji dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin dan segera menghubungi petugas kesehatan yang berada di kelompok atau kloter apabila timbul masalah kesehatan.

Itulah tips menjaga kesehatan selama beribadah haji, semoga bermanfaat. (len)

BACA JUGA:SDIT Darul Fikri Patrol Cetak Generasi Unggul Berakhlakul Karimah, Program Tiga Bahasa Jadi Unggulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: