Latih Emak-Emak dalam Pembuatan Keripik Jamur Tiram

Latih Emak-Emak dalam Pembuatan Keripik Jamur Tiram

ANTUSIAS: Camat Terisi Endhy Yohendi meninjau pelatihan pembuatan keripik berbahan baku jamur tiram yang diadakan Pemdes Cikawung, Jumat (24/6). --

Radarindramayu.id, TERISI-Pemerintah Desa Cikawung, Kecamatan Terisi menggelar pelatihan pembuatan keripik (crispy) berbahan baku jamur tiram, kemarin.

Kegiatan diikuti emak-emak dari sejumlah kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) desa setempat.
Camat Terisi Drs H Endhy Yohendi MSi didampingi Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Edi Sunarto SIP, Kasi Tata Pemerintahan Kusdi SE serta Pendamping Lapangan Desa Abdul Rohman SPd hadir membuka acara sekaigus memberikan motivasi kepada para peserta pelatihan yang bertempat di aula kantor Desa Cikawung tersebut.

Kuwu Desa Cikawung Septi Rahayu SPd menjelaskan, kegiatan pelatihan bertujuan untuk mewujudkan ekonomi masyarakat berbasis lokal.

Dengan mengembangkan inovasi pengolahan dan pengemasan crispy jamur tiram. “Lewat pelatihan ini diharapkan dapat memberikan nilai ekonomis dari sektor usaha keluarga yang produktif, aktif dan inovatif. Menciptakan lapangan kerja supaya emak-emak dapat mempunyai penghasilan dan wawasan baru," katanya.

BACA JUGA: Tabrakan Beruntun KM 92 Cipularang, Mengkibatkan 17 Kendaraan dan 4 Orang Luka Berat Ternyata Penyebabnya...

Dipilihnya jamur tiram, lantaran bahan bakunya cukup melimpah. Ditambah lagi jamur tiram memiliki kandungan protein yang tinggi. Sehingga keripik jamur diharapkan mampu menjadi salah satu alternatif pemenuhan kebutuhan protein pada masyarakat.

Ada beberapa varian rasa crispy jamur yang coba dikembangkan. Diantaranya rasa balado pedas manis, balado biasa, sapi panggang, jagung bakar dan original.

Tak hanya itu, peserta tidak hanya diberikan bekal untuk membuat produk olahan jamur timar dengan cita rasa yang tinggi. Namun yang tidak kalah penting adalah sosialisasi mengenai pengenalan branding produk serta pengemasan secara higienis dan menarik.

BACA JUGA: Macet Total, Kecelakaan Beruntun di KM 92 Tol Purbaleunyi

Kuwu Septi Rahayu juga menyampaikan terima kasih atas support dari Pemerintah Kecamatan Terisi dan Pemkab Indramayu.

Pihaknya optimis produk olahan crispy jamur tiram ala emak-emak Desa Cikawung dapat berkembang dan mampu bersaing dipasaran.

Apalagi, keripik jamur tiram memang terbilang cukup digemari di kalangan masyarakat Indonesia, karena rasanya yang renyah, harga yang terjangkau. Produk ini juga sangat sederhana sehingga bisa diproduksi oleh siapa saja.
Karena itu, ia juga berharap, upaya ini mendapat perhatian dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Indramayu.

Sehingga pencapaian visi dan misi Desa Cikawung Mulus Rahayu dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Masyarakat Cikawung berkomitmen untuk mendukung visi dan misi Kecamatan Terisi Bergeliat menuju Indramayu yang Bermartabat,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Terisi Drs H Endhy Yohendi MSi menyatakan dukungan penuh pemberdayaan ekonomi emak-emak melalui kegiatan pelatihan tersebut. Demikian pula Pemkab Indramayu dengan menyiapkan bantuan modal usaha agar lapangan pekerjaan kian terbuka luas. (kho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: