Jelang Idul Adha, Peternak Kambing Kebanjiran Order

Jelang Idul Adha, Peternak Kambing Kebanjiran Order

Daftar Harga Kambing/Domba & Sapi Kurban 2022 Di Berbagai Kota-ilustrasi-

Radarindramayu.id, KEDOKANBUNDER - Dua pekan menjelang Idul Adha, menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang hewan kurban seperti sapi dan kambing kebanjiran order.

Peternak Kambing asal Kecamatan Kedokanbunder, Alvian mengatakan, saat ini telah menerima pesanan kambing atau domba untuk kurban sebanyak 120 ekor kambing.

“Alhamdulillah yang dikandang sudah terjual semua, tinggal punya orang saja, titip di kandang sampai hari Lebaran kurban, langsung kita kirim ke rumah-rumah pemesan,” kata Alvian.

Disampaikannya, kambing-kambing untuk kurban, harganya bervariasi tergantung kualitas kambing atau domba itu sendiri. Dirinya menjual kambing dari harga Rp3,5 juta per ekor, hingga di atas Rp5 juta per ekor.

BACA JUGA:Lagi, Dua Kelompok Pelajar SMP Tawuran di Rel Kereta Cirebon Timur

“Harga ada yang di atas Rp 5 juta per ekornya, tergantung kualitas kambing. Bahkan, pembeli ada yang melihat dari segi tanduknya, kalau yang tanduknya bagus dan badannya lumayan nilai jual per ekornya Rp4 juta keatas,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk menjaga kondisi kesehatan kambing atau domba untuk kurban, peternak memberikan makanan jenis rumput yang berkualitas yang sengaja dikembangkan sendiri, sehingga terjamin tidak kekurangan pakan. “Dengan pemberian pakan yang baik, bobot kambing untuk kurban tetap terjaga sampai diantarkan ke para pembeli,” katanya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Roni (31) mengatakan, kedatangannya ke peternak kambing di Desa Cangkingan Kecamatan Kedokanbunder untuk memilih langsung kambing kurban.

BACA JUGA: Tabrakan Beruntun KM 92 Cipularang, Mengkibatkan 17 Kendaraan dan 4 Orang Luka Berat Ternyata Penyebabnya...

Namun, sangat disayangkan kambing yang dikandang sudah milik orang lain semua. “Untuk kurban, luar biasa kambingnya juga bagus-bagus sayangnya sudah sold out semua, untuk pilihan pastinya yang tanduknya bagus ya,” kata Roni.

Dikatakannya, dengan datang langsung ke kandang, bisa melihat kondisi hewan kurban tidak terserang penyakit. “Saat ini sedang marak penyakit mulut dan kulit (PMK) yang bisa menyerang hewan ternak, sehingga saya memastikan langsung dengan datang ke kandang,” katanya. (oni)

BACA JUGA: Macet Total, Kecelakaan Beruntun di KM 92 Tol Purbaleunyi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: