Delapan Makam dan Situs Keramat di Kelurahan Kesenden, Diantaranya Kondisinya Tidak Terawat

Delapan Makam dan Situs Keramat di Kelurahan Kesenden, Diantaranya Kondisinya Tidak Terawat

Salah satu makam dan situs keramat yang ada di Kelurahan Kesenden yang kondisinya tidak terawat, Jumat (17/6/2022).-dedi haryadi-

Radarindramayu, CIREBON-Tak banyak yang tahu kalau di Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon terdapat sejumlah makam dan situs kuno keramat dan bersejarah. Namun beberapa diantaranya kondisinya tidak terawat.

Pantauan radarcirebon.com yang mengikuti jelajah makam dan situs keramat yang di lakukan pihak Kelurahan Kesenden, Jumat (17/6/2022) terdapat sebanyak 8 makam maupun situs keramat yang tersebar di RW01, 02, 03, 08, dan 06 Kelurahan Kesenden.

Ironisnya, makam dan situs tersebut diantaranya kondisinya sangat memprihatikan dan tidak terawat salah satunya makam dan situs keramat Ki Buyut Syawal di RW01 Kelurahan Kesenden.

Tampak tumpukan batu bata di salah satu makam tersebut kondisinya sudah tidak rapih. Bahkan batu nisannya lepas.

BACA JUGA:Hore! Tunjangan Insentif bagi Guru Madrasah Bukan PNS Cair Juni 2022

Begitu pun kondisi di makam dan petilasan keramat watu celek di Jl Siliwangi, Kota Cirebon tampak tembok di sekitar makam sudah retak dan lokasinya berdampingan dengan Selter pedagang. Dan terdapat salah satu makam keramat di komplek Asrama Polri Krucuk kondisinya pun tidak terawat.

Menanggapi kondisi makam dan situs keramat yang memperihatinkan, Lurah Kelurahan Kesenden Ruliyanto mengungkapkan, pihaknya bakal melakukan perbaikan dengan melibatkan instansi terkait.

"Tentunya kami akan berkoordinasi instansi terkait untuk segera dirapihkan kembali artinya diperbaiki makam ataupun situs yang rusak,"ungkapnya, Jumat(17/6/2022).

BACA JUGA:Tiga Pemuda Pelopor Terpilih di Tingkat Jabar

Dengan adanya makam dan situs keramat tersebut, Ruliyanto mengatakan, akan menjadi destinasi religi di Kelurahan Kesenden.

"Terkait sejarah dari makam dan situs keramat tersebut, kami akan berkoordinasi dengan Dinas Periwisata untuk mengecek sejarah. Dan kami akan mendaftar makam dan situs kuno ini ke Dinas Pariwisata jika belum terdaftar,"katanya.

Lurah Kesenden mengajak masyarakat untuk menjaga dan melindungi makam maupun situ keramat yang ada di wilayahnya masing-masing. (rdh)

BACA JUGA:Baksos, Polsek Tebar Seratus Karung Beras

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: