Masa Cuti Ridwan Kamil Belum Habis, Sudah Mulai Aktivitas

Masa Cuti Ridwan Kamil Belum Habis, Sudah Mulai Aktivitas

Ridwan Kamil saat menghadiri pelepasan siswa SMAN 3 Bandung--

Radarindramayu, BANDUNG - Meski masa cuti belum habis, Gubernur Jabar Ridwan Kamil sudah memulai aktivitasnya sebagai kepala daerah.

Ridwan Kamil cuti dimulai dari 9 sampai dengan 19 Juni 2022 untuk menjemput jenazah anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril di Swiss. Kemudian, untuk memakamkan Eril di Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (13/6).

Meskipun belum banyak aktivitas, Ridwan Kamil mengawali aktivitasnya untuk mendampingi wisuda Camillia Laetitia Azzahra, anak keduanya di SMAN 3 Bandung. Ridwan Kamil datang bersama istrinya, Atalia Praratya.

Pada kesempatan itu, pria yang kerap disapa Kang Emil itu menyampaikan pesan kepada para wisudawan. Adapun pesan yang dimaksud yakni, tantangan ekonomi digital dan penyesuaian dengan perkembangan zaman.

BACA JUGA:Airlangga : Jaga Stabilitas Politik, Jokowi Jamu Ketum Parpol

"Ekonomi digital saat ini harus dikuasai, dulu Handpone hanya alat komunikasi. Sekarang jadi alat produksi, bisa nyari kerjaan, baca koran, dan semua itu kini harus dikuasai," kata Emil, Kamis (16/6).

Menurut Ridwan Kamil,  wisudawan SMAN 3 Kota Bandung bisa bersaing dengan anak muda dari negara lain. Namun, mereka harus menguasai beberapa indikator agar bisa bersaing di kancah internasional.

"Fisik harus sehat, kalau badan kuat jangan ada lagi stunting. IQ harus cerdas, ahlak, rajin minta maaf dan berbagi. Terakhir spiritual, ini juga penting," tuturnya, dilansir dari kantor berita rmoljabar.

BACA JUGA:Viral! Usai Dirawat Tangan Bocah Bengkak, Begini Penjelasan Pihak RS Kalisari Batang
Di samping itu, Emil juga sedikit memberikan kenangan dirinya saat menimba ilmu di SMAN 3 Bandung. Ia mengaku sangat aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler.

Jejak keaktifan dirinya pun menurun kepada almarhum Eril yang juga sebagai alumni SMAN 3 Kota Bandung. Sehingga, semua kenangan tentang Eril senantiasa diingat.

"Saya alumni SMAN 3 masuk angkatan 88 lulus 90. Saya juga sama seperti Eril, pengurus OSIS, rajin ke DKM, dan saya masuk tim sepak bola Belitung Muda," ucap mantan Wali Kota Bandung itu.

Dijelaskan Emil, untuk mengenang Eril, ia sudah membuat tulisan puisi yang akan di pajang di kuburan keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung.

"Jadwal sedih sudah lewat dan Ananda Eril bukan jadi milik kami lagi tapi milik masyarakat," jelasnya.

Dengan demikian, Emil berharap perjalanan baik yang dilakukan Eril dapat menjadi pelajaran untuk para wisudawan di SMAN 3 Kota Bandung.(len/rmol)

BACA JUGA:Jalani Proses Imigrasi di Bandara, Sampai Tanah Suci Jamaah Langsung Masuk Pemondokan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rmol.id